Rantis Maung Mirip Pesanan Prabowo, Bakal Dijual Bebas PT Pindad ke Masyarakat Umum

- 13 Juli 2020, 17:19 WIB
Rantis Maung produksi PT Pindad. (Twitter @pindad) /

GALAMEDIA - Kendaraan taktis (rantis) Maung produksi PT Pindad tidak hanya dijual ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Maung dengan spesifikasi sipil bakal dilepas ke masyarakat umum dengan harga lebih murah.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, Maung yang dipesan sesuai kebutuhan Kemenhan dijual dengan harga sekitar Rp600 juta. Dia mengatakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sudah memesan 500 unit yang produksi massalnya akan dilakukan pada Oktober.

Abraham menjelaskan Maung bakal dijual ke masyarakat umum seperti kendaraan jenis SUV. Pemasarannya akan dilakukan usai kerja sama dengan Kemenhan rampung.

"Jadi dari sipil juga bisa beli dan harganya relatif atau kompetitif terjangkau," kata Abraham, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: 54 Karyawan RRI Positif Corona, Hasil Swab Test Pertama dan Kedua Berbeda Jalani Tes Ketiga

"Setelah kontrak dengan Kemhan berjalan next kami sudah diizinkan penjualan ke sipil," ucap Abraham lagi.

Satu hal yang pasti spesifikasi Maung untuk sipil tidak dilengkapi persenjataan. Maung versi militer yang dipesan Kemenhan diketahui punya dudukan persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Abraham mengatakan, di luar itu spesifikasi Maung buat sipil tidak terlalu berbeda dibanding versi militer. Pembedanya disebut pada bodi dan kaca tidak antipeluru, tanpa rollbar, dan tak perlu dudukan persenjataan.

Meski demikian Abraham bilang jika ada konsumen yang menginginkan Maung bisa saja dilengkapi komponen antipeluru namun dengan konsekuensi penyesuaian harga.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X