Robert Menilai Wacana New Normal Bisa Membawa Harapan bagi Liga

- 29 Mei 2020, 16:03 WIB

WACANA pemerintah untuk menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal terus diperbincangkan. Harapan pun muncul dari sejumlah pihak yang terdampak oleh Covid-19. Salah satunya Pelatih Persib Robert Rene Albert. Dia berharap kebijakan itu dapat berdampak terhadap nasib kelanjutan Liga 1 2020.

Seperti diketahui akibat virus Corona, kompetisi sepak bola Indonesia terpaksa dihentikan. Sampai saat ini PSSI pun belum menentukan bagaimana nasib kelanjutan liga.

"Saya pikir ada banyak harapan dari orang-orang yang terlibat di sini, bukan hanya PSSI. Hal yang utama adalah deklarasi dari pemerintah apakah menentukan masa darurat bencana berakhir atau dilanjutkan untuk Indonesia. Melihat apa yang terjadi di dunia, semua sudah semakin paham soal virus ini sekarang," kata Robert, Jumat (29/5/2020).

Menurut Robert, sekarang sudah banyak negara yang menerapkan new normal dan kembali menjalankan aktivitasnya. Termasuk menggelar liga meski tanpa penonton. "Seperti yang dikatakan Presiden Indonesia, kami harus mulai hidup dengan 'new normal' dan itu bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia," katanya.

Di beberapa negara, sepak bola disebut menjadi olahraga pertama yang mendapatkan izin untuk diselenggarakan. Karena menurut penelusuran, resiko penularan virus lebih kecil pada kegiatan outdor.

"Jadi kami melihat ke depan soal 'new normal' dan olahraga kembali diizinkan digelar, sepak bola di beberapa negara menjadi olahraga yang pertama dimainkan lagi meskipun tanpa penonton karena masih sangat berisiko menularkan virus," katanya.

Akan tetapi Robert menegaskan new normal bukan bukan berarti mengabaikan prosedur kesehatan. Bahkan semua pihak harus mengikuti saran dari pemerintah, seperti menjalankan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan menghindari kerumunan.

"Kalian harus mengikuti arahan yang dibuat oleh kementerian kesehatan, seperti bagaimana memperhatikan kebersihan, tidak berada di tempat yang ramai," pungkasnya.

Editor: Efrie Christianto


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X