Robert : Liga Kembali Digelar, Sebaiknya Indonesia Mengikuti Protokol Keamanan dan Kesehatan di Asia

- 3 Juni 2020, 17:25 WIB

PSSI baru saja mengeluarkan usulan agar Liga 1 2020 dilanjutkan. Alasannya demi kepentingan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PSSI pun sedang berusaha menyiapkan payung hukum dan aturan yang tepat untuk melaksanakan liga ditengah pandemi Covid-19.

Di beberapa negara, terutama di benua Eropa, mereka telah mengikuti protokol keamanan yang diterapkan oleh Liga Jerman (Bundles Liga). Seperti diketahui, Jerman telah menjadi salah satu negara yang melanjutkan liga di tengah pandemi.

Namun meski sudah berhasil, Pelatih Persib, Robeet Rene Albert menyarankan agar Indonesia tidak mengikuti protokol yang diterapkan di Eropa. Dia berharap Indonesia bisa mencontoh dan mengikuti protokol keselamatan di Asia.

Seperti diketahui selain di Eropa, beberapa negara di Asia juga sudah kembali menggelar liga. "Iya. Tapi kami seharusnya mengacu pada negara yang lokasinya di dekat kami, seperti Vietnam dan Korea Selatan. Mereka juga sudah memulai kembali liganya. Beberapa negara Asia juga sudah mulai bersiap (memulai liga)," kata Robert, Rabu (3/6/2020).

Maka dari itu, Indonesia tidak perlu lagi memperhatikan bagaimana liga Eropa menjalankan liganya ditengah pandemi ini.

"Menarik untuk mengetahui bagaimana Vietnam yang berada di pool yang sama dengan kami (Indonesia). Mereka sudah memulai liga dan pelatih Timnas sudah meminta pada semua pelatih di klub Vietnam untuk memberi prioritas kepada striker lokal, dan juga memberi priorotas untuk pemain muda yang bisa muncul," katanya.

Menuutnya, yang perlu diperkatikan sekarang, adalah bagaimana semua pihak bisa menjaga aset (pemain Indonesia) agar lebih siap menghadapi kompetisi ditengah pandemi. Karena Tim Nasional (Timnas) akan menghadapi agenda besar Piala Dunia U-20.

"Selain itu bagaimana memberi suplemen kesehatan kepada pemain lebih kuat. Meski diet sudah direkomendasikan oleh pelatih timnas. Ini juga fakta menarik kami semua tahu kualifikasi Piala Dunia akan digelar kembali akhir tahun ini jika semua berjalan sesuai rencana," pungkasnya

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X