Berbuat Dosa Kecil Atau Dosa Besar? Perbanyak Taubat dan Istigfar, Renungan Pagi

- 4 September 2020, 08:28 WIB
Perbanyak taubat dan istigfar. Foto ilustrasi
Perbanyak taubat dan istigfar. Foto ilustrasi /Jurnal Islam/

GALAMEDIA - Pepatah arab mengatakan, Al insaan mahalul khatha wan nisyan. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Kalau kita mengerjakan dosa, lantas apakah Allah akan mengampuni? Apa yang harus kita lakukan?

Ddinukulkan dari Kitab Nasoihul Ibad karya Imam Nawawi Albantani dari Nabi SAW: Tidaklah termasuk dosa kecil apabila dilakukan secara terus menerus, karena dengan dilakukan secara terus menerus, maka akan menjadi besarlah ia.

Baca Juga: Hakikat Mencari Ilmu Adalah Mencari Surga, Renungan Pagi Ini

Dan tidaklah termasuk dosa besar apabila disertai dengan taubat dan istighfar. Yaitu taubat dengan syarat-syaratnya. Karena sesungguhnya taubat dapat menghapus bekas-bekas dosa yang dilakukan meskipun yang dilakukan tersebut dosa besar. (Hadits ini diriwayatkan oleh Ad-dailamy dari Ibni Abbas RA).

Masih dalam kitab yang sama disebutkan, dari sebagian ahli hikmah atau aulia: “Janganlah kamu menyepelekan dosa yang kecil. karena dengan selalu menjalankannya, maka lama kelamaan akan tumbuhlah ia menjadi dosa besar. Bahkan terkadang murka Tuhan itu ada pada dosa yang kecil-kecil.Wallohualam

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X