Berpengaruhkah Siklon Surigae pada Cuaca Jabodetabek? Ini Penjelasan BMKG

- 18 April 2021, 04:40 WIB
Ilustrasi Siklon Surigae.
Ilustrasi Siklon Surigae. /Antara

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan pengaruh Siklon Surigae terhadap Cuaca di Jabodetabek.

Dimana siklon tropis Surigae, yang saat ini berada di Samudra Pasifik sebelah utara Papua Barat tidak akan berpengaruh terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek.

Alasannya karena siklon tersebut jaraknya yang cukup jauh.

"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Cuaca di Jabodetabek saat ini dipengaruhi sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Bengkulu dan perlambatan angin di atas Banten-Jawa Barat," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Sabtu, 17 April 2021.

Baca Juga: TRENDING! Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Berhasil Punya Anak Kembar!

Menurut Guswanto, sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Bengkulu, membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung.

Hal ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang sistem sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konfluensi.

BMKG juga terus memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatera Utara bagian selatan, dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi," katanya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x