Keberkahan Sahur Ada yang Bersifat Agamis dan Ada yang Bersifat Keduniaan

- 25 April 2021, 12:13 WIB
 Resep cara membuat bihun goreng, cocok jadi menu pilihan saat sahur./Tangkap Layar/
Resep cara membuat bihun goreng, cocok jadi menu pilihan saat sahur./Tangkap Layar/ /YouTube/Devina Hermawan

GALAMEDIA - bagi unnat muslim ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah wajib, dan harus dilakukan sejak matahari terjit hingga terbenam.

Agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang, kita disarankan atau disunnahkan untuk sahur terlebih dahulu. Pasalnya ada Keberkahan dalam Sahur seperti sabda Rasulullah SAW berikut ini:

عَنْ أَنَسٍ رَضِي
َ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَة

ً Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.” [ Imam al-Bukhâri dalam shahihnya no. 1789 dan Imam Muslim dalam shahihnya no. 1835]

Pelajaran yang tedapat di dalam hadist :

1- Keberkahan dalam sahur ada yang bersifat agamis dan ada yang bersifat keduniaan.

2- Sahur sebagai suatu berkah yang bersifat agama dapat dilihat dengan jelas karena sahur itu mengikuti sunnah, mendapatkan pahala dan kekuatan dalam berpuasa.

3- Keberkahan sahur yang bersifat duniawi adalah menikmati makanan dan minuman yang halal yang disukainya dan dapat menguatkan orang yang berpuasa serta menambah semangat untuk melakukan ketaatan selama berpuasa. Demikian juga terjaga kekuatan badan dan semangat aktifitasnya.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al qur'an :

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x