Gemparkan Dunia, Ahli Bedah AS Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Tubuh Manusia

- 21 Oktober 2021, 16:41 WIB
Ilustrasi dokter dan ginjal. Seorang dokter ahli bedah di Amerika Serikat (AS) berhasil mentranplantasikan ginjal babi pada manusia.
Ilustrasi dokter dan ginjal. Seorang dokter ahli bedah di Amerika Serikat (AS) berhasil mentranplantasikan ginjal babi pada manusia. /Pixabay/mohamed Hassan

GALAMEDIA - Sebuah capaian mengejutkan yang menggemparkan dunia kedokteran, ahli bedah Amerika Serikat (AS) sukses melakukan transplantasi ginjal babi ke tubuh manusia.

Tak hanya itu, buah transplantasi tersebut, sekelompok peneliti tersebut menemukan bahwa organ ginjal tersebut bekerja normal pada manusia.

Melansir The NY Times, Kamis, 21 Oktober 2021, keberhasilan transplantasi tersebut merupakan sebuah terobosan ilmiah yang dapat menjadi solusi penyelamatan manusia di masa depan.

Seperti diketahui, babi selama ini banyak digunakan dalam riset-riset ilmiah termasuk kemungkinan organnya dapat digunakan manusia.

Para peneliti telah lama melakukan riset untuk mencari organ babi yang cocok ditransplantasikan pada manusia.

Baca Juga: Rachel Vennya Penuhi Panggilan Polisi Soal Kasus Kabur dari Karantina

Berkaitan itu, ahli bedah dari NYU Langone Health, New York Times melakukan terobosan untuk melakukan percobaan transplantasi ginjal babi ke manusia.

Tentu saja percobaan tersebut sudah mendapatkan persetujuan keluarga yang menerima transplantasi.

Disebutkan bahwa ginjal babi ditempelkan pada seorang pasien yang mengalami mati otak yang tetap hidup dengan bantuan ventilator.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah