12 November Ada Peringatan Hari Ayah dan Hari Kesehatan Nasional, Begini Sejarahnya

- 12 November 2021, 09:11 WIB
Tanggal 12 November memperingati hari apa? 12 November adalah Hari Ayah dan Hari Kesehatan Nasional.
Tanggal 12 November memperingati hari apa? 12 November adalah Hari Ayah dan Hari Kesehatan Nasional. /freepik.com/freepik

GALAMEDIA - Tanggal 12 November ternyata memiliki arti tersendiri. Ada sejumlah peringatan di tanggal tersebut.

Banyak sejarah terjadi yang berkaitan dengan 12 November.

Dua di antara yang biasa diperingati setiap tanggal 12 November di Indonesia adalah Hari Ayah dan Hari Kesehatan Nasional.

Bagaimana sejarahnya? Hari Ayah adalah hari untuk menghormati kebapakan, ikatan ayah, serta pengaruh ayah dalam masyarakat.

Baca Juga: Jembatan Pramuka Cetak Rekor Muri, Penghubung Dua Provinsi Pertama di Indonesia

Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan pada 12 November dan bukan hari libur umum. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dinyatakan pada tahun 2006 di Balai Kota Solo, dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk orang-orang dari komunitas komunikasi antar agama.

Peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia muncul atas gagasan Paguyuban Satu Hati bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Hari Ayah dimulai ketika pada 2014 PPIP menggelar peringatan Hari Ibu. Kala itu kegiatan tersebut berlangsung di Solo dengan menyelenggarakan lomba Menulis Surat untuk Ibu.

Acara tersebut berhasil menarik antusiasme publik hingga muncul pertanyaan dari peserta soal kapan diadakan peringatan Hari Ayah?

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x