Gempa Turki : Ratusan Orang Terluka

- 6 Februari 2023, 16:51 WIB
Gempa Bumi terjadi pada Senin, 6 Februari 2023
Gempa Bumi terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 /akun Twitter @stefaniaSG97/

GALAMEDIANEWS – Kabar duka datang dari Turki, bencana alam kembali terjadi di negara tersebut dengan gempa bumi cukup kuat yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023. 

Dilansir dari laman Aljazeera Arabic,menurut Manajemen Darurat dan Bencana Turki mengatakan bahwa gempa bumi berukuran 7,4 skala Richter.

Gempa 7,4 Skala Richter ini menghantam distrik Pazardzhik di negara bagian Kahramanmaraş, Turki selatan. Gempa ini terjadi pada kedalaman 7 km dan waktu terjadinya gempa itu terjadi pada pagi hari.

Sementara itu, American Seismological Institute melaporkan bahwa gempa yang berpusat di Kahramanmaraş, Turki selatan itu memiliki kekuatan magnitudo getaran utama mencapai 7,8.

Gempa ini berlangsung selama 1 (satu) menit dan dirasakan sampai di luar provinsi Turki lainnya yaitu provinsi Gaziantep, Adana, Malatya, Diyarbakir, Şanlıurfa dan Osmaniye. Gempa ini menyebabkan ratusan orang terluka.

Baca Juga: INFO GEMPA TERKINI BMKG 2 Menit yang Lalu: Getaran Berkekuatan 3,6 Magnitudo Mengguncang Karangasem Bali

Hingga saat ini menurut laporan Manajemen bencana Turki mengatakan gempa bumi ini yang berlangsungf sekitar 1 (satu) menit di daerah Turki Selatan telah menewaskan 77 orang dan 440 orang lainnya terluka.

Selain itu, gempa yang berpusat di Kahramanmaraş, Turki selatan ini juga menyebabkan ratusan bangunan runtuh dan menyebabkan kebakaran besar. Menurut AFP, gempa tersebut merupakan yang terbesar di Turki sejak gempa bumi Agustus 1999.

Dampak gempa juga terjadi sampai ke Suriah. Di Suriah, gempa bumi melanda provinsi Aleppo, Idlib, Latakia dan Hama. 

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Aljazeera.com Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x