Marah Berdampak Buruk pada Pembuluh darah, Berikut Penjelasan Ahli

- 3 Juni 2024, 16:08 WIB
Ilustrasi marah bisa berdampak pada pembuluh darah.
Ilustrasi marah bisa berdampak pada pembuluh darah. ///Pixabay/ Engin_Akyurt



GALAMEDIANEWS - Marah bisa berdampak buruk pada kesehatan pembuluh darah. Dimana kemarahan yang berulang-ulang berpotensi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang.

Para peneliti mengemukakan, marah memiliki efek yang unik dibandingkan emosi negatif umum lainnya terhadap kesehatan pembuluh darah.

Dimana meskipun efek tersebut mungkin bisa dibalik dalam jangka pendek, kemarahan yang berulang berpotensi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang.

Temuan tersebut dipublikasikan di Journal of American Heart Association. Penemuan ini memberikan lebih banyak pencerahan tentang hubungan kompleks antara kesehatan mental dan kesehatan fisik.

Baca Juga: 7 Wisata Alam Jawa Barat yang Telah Mendunia, Berikut Keunggulan dan Keunikannya Masing-Masing

"Kami menemukan bahwa kemarahan, namun bukan emosi lain yang kami pelajari, mempunyai dampak buruk bagi kesehatan pembuluh darah," ujar Ahli Jantung dan Profesor Kedokteran di Divisi Kardiologi di Amerika Departemen Kedokteran Columbia University Irving Medical Center, Daichi Shimbo seperti dikutip dari laman Healthline, Minggu 2 Juni 2024.

Archrekar, MD, MPH, Wakil Ketua Eksekutif Kodekteran di divisi kardiologi di Universitas New Mexico, yang tidak berafiliasi dengan penelitian ini, menyebutkan 'luar biasa'.

"Mereka telah mengukur cara untuk melihat biologi vaskular kita, seberapa sehat fungsi sel-sel kita, dengan sesuatu yang sangat umum pada manusia: keadaan emosional," tutur Achrekar.

Tujuannya untuk menyelidiki hubungan antara keadaan emosional dan kesehatan sel endotel yang merupakan indikator kesehatan pembuluh darah secara keseluruhan. Sel endotel melapisi bagian dalam pembuluh darah dan merupakan mekanisme penting untuk menjaga kesehatan aliran darah ke seluruh tubuh.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah