Aneh Tapi Nyata, Ada Api Tak Pernah Padam di Air Terjun Ini

- 9 Juli 2020, 09:56 WIB
Eternal Flame Falls (Instagram @earthvalleys). /


GALAMEDIA - Di Taman Nasional Chestnut Ridge, Buffalo, Amerika Serikat (AS) terdapat fenomena langka dan bisa disebut aneh. Di lokasi tersebut ada air terjun yang mengalir cukup deras. Anehnya, di balik air terjun ada sebuah api yang menyala dan tak pernah padam.

Api itu bahkan tidak padam saat New York mengalami musim dingin. Bahkan di musim dingin ekstrem sekalipun.

Api tersebut terus menyala di balik derasnya air terjun, seakan tak terganggu air yang terus mengalir deras. Fenomena ini justru yang menjadi magnet bagi wisatawan, mengalahkan air terjunnya itu sendiri.

Baca Juga: Banyak Negara Longgarkan Penguncian, Secara Global Kasus Corona Melebihi 12 Juta

Karena memiliki api di baliknya, air terjun ini disebut sebagai Eternal Flame Falls atau Air Terjun Api Abadi.
Dilansir Atlas Obscura, berbagai kisah mewarnai asal-usul api abadi di air terjun ini.

Menurut legenda, api tersebut dinyalakan oleh suku asli Amerika, Indian. Ajaibnya, api ini terus menyala. Bahkan, masyarakat setempat percaya bahwa wilayah itu menjadi tempat tinggal para elf atau kurcaci yang ada di negeri dongeng.

Beberapa ilmuwan juga melakukan penelitian perihal keanehan ini. Menurut mereka, api ini menyala karena suhu batu yang sangat panas, dan berujung pada api abadi seperti ini. Namun, kenyatannya tak ada batu yang sangat panas, yang ada hanyalah batu hangat saja.

Baca Juga: Soal PKL di Masa AKB dan Rencana Check Point Akan Dibahas di Bandung Menjawab Hari Ini

Namun, sebagian peneliti memperkirakan fenomena ini terjadi karena adanya semburan gas alam. Ada yang mengatakan semburan gas bumi dari celah batu di air terjun, diduga jadi penyebab utama api yang tak pernah mati.

Air terjun setinggi 27 meter ini sudah ada sejak Periode Devonian yakni sekitar 400 juta tahun yang lalu. Berbeda dari air terjun kebanyakan, Eternal Flame Falls memiliki lapisan abu-abu dan hitam pada bagian bawahnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X