Semangat Ibadah Kok Kendor Usai Ramadhan, Apalagi Terlalu Banyak Makan Jadi Malas, Gini Cara Mengatasi!

- 16 April 2024, 16:19 WIB
Mengatasi malas ibadah usai Ramadhan.
Mengatasi malas ibadah usai Ramadhan. /freepik/@freepik/

GALAMEDIANEWS – Semangat untuk beribadah terasa mulai kendor dan timbul rasa malas setelah Ramadhan pergi, hal ini juga disebabkan oleh berbagai faktor. Tapi, tentu gak enak deh kalau rasanya harus bangun dan ibadah ketika perut dalam kondisi kenyang.

Dilansir dari YouTube Al-Bahjah TV pada Selasa, 16 April 2024.Berikut ini tips yang bisa dilakukan saat ibadah mulai kendor setelah bulan Ramadhan:

1. Muhasabah dan tafakur

Dengan melakukan dua hal ini dan menanyakan kepada diri sendiri mengenai jawabannya kenapa malas ibadah, maka diri sendiri akan berpikir mengenai penyebabnya, apakah karena pahala tidak akan dilipatgandakan seperti saat bulan Ramadhan. Pertanyaan ini berguna juga untuk memotivasi diri dan meningkatkan ibadah, mungkin menonton film siksa kubur bisa jadi jalan untuk bertaubat.

Sebagaimana perkataan Imam asy-Syibli yang dinukil oleh Ibnu Rajab al-Hanbali dalam Kitab Lathaif al-Ma’arif, “Jadilah kamu itu hamba Rabbani dan janganlah kamu menjadi hamba Ramadhani.”

2. Istiqomah

Dengan melakukan istiqomah maka niat melakukan ibadah akan tetap ada dan menjauhi kemaksiatan, Sebagaimana dalam hadits riwayat Baihaqi dan Thabrani, Rasulullah bersabda:

“Niat seorang mukmin lebih bagus dari amalnya.”

Karena ketika melakukan sesuatu dengan niat, maka semua akan berjalan lancar dan mendapatkan pahala. Mengingat usia tak ada yang tau dan sewaktu malas melakukan ibadah tiba – tiba ajal dijemput justru yang bakal rugi diri sendiri.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: YouTube Al Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah