Polisi Ditantang Mubahalah, Refly Harun: Dan Ini Semua di Tempat-tempat yang Mematikan

- 4 Maret 2021, 10:45 WIB
Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun.
Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun. /Youtube Refly Harun/

GALAMEDIA – Ahli hukum tata negara Refly Harun menyebut jika tantangan mubahalah (sumpah) yang dilayangkan Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) kepada Polisi Daerah (Polda) Metro Jaya, merupakan upaya “putus asa” untuk memfasilitasi pihak-pihak yang tidak memiliki kekuasaan apa-apa di hadapan negara.

“Yang dilakukan oleh Bareskrim justru menersangkakan enam laskar FPI. Alih-alih katakanlah menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM paling tidak empat laskar FPI yang meninggal dalam penguasaan petugas,” ujar Refly Harun yang dikutip Galamedia dari kanal Youtube pribadinya, Refly Harun, 4 Maret 2021.

“Jadi, jika dua konteks ini kita satukan pada peristiwa di hari yang sama. Satu, tantangan mubahalah dan yang kedua, ditersangkakannya enam laskar FPI yang tewas,” lanjutnya.

Baca Juga: Selain Ikatan Cinta, Ini Jajaran sinetron yang Sukses Bikin Baper, Salah Satunya Samudra Cinta

“Yang saya pahami kenapa TP3 menantang untuk melakukan mubahalah kedua belah pihak. Jadi, ini merupakan upaya “putus asa” pihak-pihak yang powerless atau pihak-pihak yang tidak memiliki kekuasaan apa-apa di hadapan negara,” ungkapnya.

Selain itu, Refly menilai jika kasus ini membuat akal dan logika sulit untuk menerima itu semua.

Menurutnya, pihak kepolisian tidak perlu melakukan penembakan ke arah organ-organ vital seperti jantung dan kepala melainkan cukup melakukan penembakan ke arah kaki pelaku yang diduga melakukan penyerangan.

Baca Juga: Tanggapi Soal Dicabutnya Perpres Miras, Natalius Pigai Akui Bungkam Tokoh Utama Buzzer

“Aparat keamanan memilih menersangkakan enam laskar FPI karena dianggap telah melakukan perlawanan kepada petugas. Walaupun logika kita berkali-kali sulit menerima bagaimana mungkin penyerangan dilakukan hingga enam orang tewas dengan 18 luka tembakan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x