Leani Ratri Tak Terhentikan, Kontingen Indonesia Sukses Lampaui Target Paralimpiade Tokyo 2020

- 5 September 2021, 18:39 WIB
ILUSTRASI: Daftar atlet Indonesia yang berhasil mendapatkan medali di Paralimpiade Tokyo 2020.
ILUSTRASI: Daftar atlet Indonesia yang berhasil mendapatkan medali di Paralimpiade Tokyo 2020. /ANTARA FOTO/ HO-NPC Indonesia

 

GALAMEDIA - Kontingen Indonesia sukses melampaui target awal yang dicanangkan pemerintah dalam partisipasinya pada Paralimpiade Tokyo 2020, baik dari aspek perolehan medali maupun peringkat akhir klasemen.

Kontingen Merah Putih mengakhiri perjuangannya di Tokyo yang akan resmi ditutup pada Minggu malam ini dengan total perolehan sembilan medali.

Atas raihan tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-43 klasemen akhir perolehan medali Paralimpiade Tokyo 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bangga atas raihan yang ditorehkan tim Merah Putih itu. Pada edisi sebelumnya di Paralimpiade Rio 2016, Indonesia hanya mampu meraih satu perunggu dan finis di peringkat ke-76.

Baca Juga: Sambangi Desa Wisata Cicantayan Sukabumi, Sandiga Uno Disambut Ribuan Warga

“Alhamdulillah Puji Tuhan… Indonesia naik ke peringkat ke-43 di Tokyo apabila dibandingkan dengan perolehan di Rio 2016 berada di peringkat ke-76… Kontingen Indonesia melampaui target yang ditetapkan pemerintah dalam Desain Besar Olahraga Nasional, yakni peringkat ke-60,” kata Zainudin dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 5 September 2021.

Skuad Merah Putih sebelumnya hanya diprediksi dapat membawa pulang lima medali dari Tokyo 2020 dengan rincian satu emas, satu perak, dan tiga perunggu, serta finis di urutan ke-60.

Namun Indonesia justru melejit dengan perolehan sembilan medali pada edisi kali ini, dengan rincian dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Dua medali emas tersebut datang dari cabang para-badminton yang baru pertama kali dipertandingkan di ajang Paralimpiade.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x