Singgung Soal Pembangunan, Rizal Ramli: Rakyat Semakin Miskin Secara Struktural?

- 28 September 2021, 21:43 WIB
Ekonom senior Rizal Ramli.
Ekonom senior Rizal Ramli. //Twitter/@RamliRizal./

 

GALAMEDIA - Pengamat Ekonomi Senior Rizal Ramli mengajak mengubah arah pembangunan untuk kemakmuran rakyat sehingga manfaat pembangunan ekonomi untuk semua bukan hanya para investor.

Hal itu diungkapkan melalui akun Twitter @RamliRizal, Selasa, 28 September 2021.

"Pembangunan untuk siapa ? Hanya untuk Oligarki, sementara rakyat semakin miskin secara struktural ?," ujarnya.

"Mari kita ubah, pembangunan untuk kemakmuran rakyat, manfaat pembangunan ekonomi untuk semua (shared growth) bukan hanya untuk investors," katanya.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyebutkan, akar dari persoalan bangsa belakangan ini adalah ketidakadilan sosial dalam lapisan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, ketidakadilan sosial itu sendiri disebabkan oleh segelintir oligarki yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Baca Juga: Tsunami Mengancam Wilayah Banten, BRIN Langsung Bergerak

"Setelah saya petakan, ternyata akar persoalannya ada di hulu, bukan di hilir. Akar persoalan yang ada di hulu tersebut adalah ketidakadilan sosial. Padahal, keadilan sosial adalah tujuan hakiki dari lahirnya negara ini, seperti dicita-citakan para pendiri bangsa dan menjadi sila pamungkas dari Pancasila," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 28 September 2021.

Hal ini dia ungkapkan saat ia menjadi Keynote Speech secara virtual pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X