Dipastikan Naik Podium di Thomas Cup 2020, Indonesia Tak Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih

- 17 Oktober 2021, 15:50 WIB
homas Cup 2021
homas Cup 2021 /Tangkapan Layar Vidio.com

GALAMEDIA - Indonesia dipastikan naik podium di ajang Thomas Cup 2020, lantaran upacara penutupan nanti bakal dihadiri empat negara yang loos ke semifinal.

Tim Thomas Indonesia sendiri, melangkah ke partai puncak dengan menyingkirkan tuan rumah Denmark  3-1.

Sementara di partai final Thomas Cup 2020 nanti, tim Thomas Indonesia sudah ditunggu juara bertahan sekaligus rival utama China.

Baca Juga: Masih Emosi Pada Faisal Basri, Ali Ngabalin: Moeldoko dan Luhut Manusia Terbaik di Negeri Ini  

Akan tetapi jelang melakoni partai puncak malam nanti, masalah menghampiri Indonesia yang dipastikan tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih.

Hal itu buntut sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) yang menilai Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif.

Seperti diketahui, buntut dari ketidakpatuhan Indonesia tersebut, membuat WADA tidak memberikan hak tuan rumah terhadap Indonesia pada ajang olahraga apa pun.

Baca Juga: Heboh Manajer Bhayangkara FC Diduga Ludahi Pelatih Persib, Sudarmadji Ungkap Kronologisnya

"Mereka tidak memenuhi syarat untuk diberikan hak untuk menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia selama penangguhan," demikian pernyataan WADA, yang dikutip Galamedia dari Reuters, Minggu 17 Oktober 2021.

WADA juga memberikan sanksi lainnya yaitu melarang bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada ajang olahraga apa pun.

Tak hanya itu, lagu Indonesia Raya juga dilarang diputar ketika atlet-atlet Indonesia berhasil menjadi juara atau naik podium.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Ungkap Alasan Sesungguhnya di Balik Perubahan Libur Maulid Nabi

Hal itu kini terjadi pada tim Thomas Indonesia yang dipastikan naik podium di ajang Thomas Cup 2020 dan tidak diperkenankan mengibarkan bendera Merah Putih.

Sebagai gantinya, tim Thomas Indonesia akan mengibarkan bendera Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), saat naik podium nanti.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x