Banjir Bandang di Sukaresmi, Pemkab Garut Siapkan Anggaran dari BTT

- 8 November 2021, 13:27 WIB
Warga memperbaiki jembatan yang rusak aanjir bandang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Sukaresmi, pada Sabtu, 6 November 2021./Robi Taufik Akbar/Galamedia
Warga memperbaiki jembatan yang rusak aanjir bandang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Sukaresmi, pada Sabtu, 6 November 2021./Robi Taufik Akbar/Galamedia /


GALAMEDIA - Bupati Garut Rudy Gunawan telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang di wilayah Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Menurut Rudy, masa tanggap darurat ditetapkan selama tujuh hari.

"Saya sudah mengatakan masa tanggap darurat tujuh hari untuk Kecamatan Sukaresmi. Kita nanti juga akan kesana setelah rapat," terang Rudy, Senin 8 November 2021 .

Pemkab Garut juga sudah memetakan 12 titik lokasi pergerakan tanah yang mengancam perumahan warga.

Baca Juga: Profil Lengkap Rohana Kudus, Pahlawan Nasional Sekaligus Jurnalis Perempuan Indonesia

"Ada beberapa titik sebetulnya yang terancam. Ada 12 titik yang terancam akibat pergerakan tanah. Contoh ada yang rumah yang rusak di Kecamatan Cilawu, tapi di tempat-tempat lain kita waspada," jelasnya,dilansir Galamedia dari berbagai sumber .

Dengan cukup banyaknya bencana yang terjadi selama musim hujan, Rudy memastikan pihaknya sudah menyiapkan dana belanja tidak terduga (BTT) untuk digunakan alokasi penanggulangan bencana alam.

Baca Juga: Bagikan Momen Perayaan Ultah Putrinya, Netizen Justru Salfok dengan Tampilan Zaskia Gotik: Kayak Barbie

"Kita ada Rp12 miliar. Tapi digunakan juga untuk vaksin dan lainnya. Tapi cukuplah, dana untuk bencana bukan dari kabupaten saja, ada juga dari yang lain (pemerintah pusat dan pemerintah provinsi)," tuturnya.

Adapun dana BTT itu nantinya akan digunakan untuk melakukan perbaikan jalan rusak dan rumah yang harus diperbaiki bahkan direlokasi. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x