Lionel Messi Raih Ballon d’Or 2021, Ini Catatan Prestasi Terbaiknya

- 30 November 2021, 08:44 WIB
Lionel Messi resmi raih Ballon d'Or 2021.
Lionel Messi resmi raih Ballon d'Or 2021. /Twitter.com/@PSG_English/

GALAMEDIA - Lionel Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2021 dalam seremoni yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, Prancis Selasa 30 November 2021 dini hari WIB.

Messi sukses meraih voting terbanyak di dalam daftar peringkat Ballon d’Or 2021 mengalahkan bomber Bayern Munich, Robert Lewandowski yang berada di posisi kedua dan Jorginho di peringkat ketiga.

Menurut majalah France Football, pada dasarnya Ballon d’Or diperuntukkan bagi pemain yang menonjol secara individual dalam satu musim kalender, dan pencapaian sepanjang karier sepakbolanya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat, Selasa, 30 November 2021, Hati-hati! Siang Hingga Sore Jabar Diguyur Hujan

Merujuk pada tolok ukur tersebut, maka tidak ada alasan untuk Messi tidak memenangkan Ballon d’Or 2021.

Musim 2020/2021 kemarin memang tidak bisa dimungkiri Messi menjalani periode yang tidak begitu oke. Bersama Barcelona, Messi hanya memenangi Copa del Rey.

Sedangkan rivalnya Robert Lewandowski memenangkan gelar Bundesliga Jerman, Piala Super Jerman, Piala Dunia AntarKlub dan Piala Super Eropa.

Adapun Jorginho mampu memenangkan gelar Liga Champions bersama Chelsea dan trofi Piala Eropa 2020 dengan timnas Italia.

Baca Juga: Ini Arti Asmaul Husna: Al Wahhab, Ar Rozzaq, Al Fattah, Semoga Diberi Rezeki yang Berkah

Namun, ketajaman dan rekor yang dipecahkan Messi di benua biru tidak terbantahkan sepanjang satu musim kalender kemarin.

Berdasarkan statistik yang dirangkum Opta, pesepak bola 34 tahun itu terhitung mampu mengoleksi 48 gol di di level klub maupun timnas Argentina.

Messi terbanyak di antara semua pemain yang ada di lima liga top Eropa, bersanding dengan Robert Lewandowski.

Baca Juga: Wawan Cetak Gol di Injury Time, Borneo FC Rusak Perayaan HUT ke-93 Persija Jakarta

Meski begitu, Messi merupakan pemain yang paling banyak terlibat dalam proses terciptanya gol di satu klub dibandingkan semua pemain di lima liga top Eropa.

Total, La Pulga mampu mengkreasikan hingga 18 assist untuk gol-gol Barcelona.

Messi juga mengukir rekor baru dengan menjadi pemain Amerika Selatan pertama yang mampu menembus 80 gol di level internasional.

Ada juga rekor El Pichichi atau top skor Liga Spanyol terbanyak sepanjang sejarah yaitu  delapan kali usai mencetak 30 gol di musim 2020/2021 kemarin.

Baca Juga: Serial Web Dikta dan Hukum, Diangkat dari Kisah Viral di Twitter, Netizen Tak Sabar Penayangannya

Hebatnya lagi, lima dari delapan gelar El Pichichi tersebut dimenangkan Messi secara beruntun dan ia  satu-satunya pemain yang mampu melakukan hal itu sepanjang sejarah sepak bola Spanyol.

Messi juga jadi satu-satunya pemain di lima liga top Eropa yang bisa raih gelar top scorer delapan kali di level domestik mengalahkan Legenda Bayern Munich, Gerd Mueller yang jadi top skor Bundesliga sebanyak tujuh kali.

Yang paling fenomenal adalah ketika Messi akhirnya mampu memberi titel untuk negaranya, Argentina usai menjuarai Copa America 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 30 November 2021: TERUNGKAP! Iqbal Orang yang Perkosa Jessica Hingga Gila

Tak main-main, Messi menggila di ajang terakbar sepak bola Amerika Selatan dengan merebut gelar top skor lewat empat gol dan pemberi assist terbanyak dengan lima assist.

Messi juga menjadi pemain dengan jumlah dribel tersukses sepanjang Copa America 2021 dengan 34 dribel sukses plus pemain dengan raihan man of the match terbanyak dalam satu kompetisi, yakni lima kali.

Dengan semua capaian  di atas, Messi pantas dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2021.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x