UNESCO Tetapkan Songket Malaysia Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

- 17 Desember 2021, 18:23 WIB
Ilustrasi / Foto: rumahsongketekahalaban.id
Ilustrasi / Foto: rumahsongketekahalaban.id /

GALAMEDIA - Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO) telah menetapkan songket Malaysia sebagai warisan budaya tak benda.

Penetapan songket Malaysia sebagai warisan budaya tak benda itu dilakukan bertepatan dengan sidang UNESCO pada Selasa, 15 Desember 2021 kemarin di Paris, Prancis.

Melalui laman resminya, UNESCO menyebutkan bahwa songket merupakan kain tenunan tangan Malaysia yang dibuats ecara tradisional.

"Songket adalah kain tenunan tangan Malaysia," demikian seperti dikutip Galamedia Jumat, 17 Desember 2021.

Sementara itu, melansir Malaysia Mail, Kementerian Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia menyebutkan bahwa dimasukkannya songket Malaysia oleh UNESCO ke dalam warisan budaya tak benda kian meningkatkan kesadaran untuk melestarikan budaya negara itu.

Baca Juga: Terbaru! Ini Daftar Negara dan Warisan Budaya Takbenda di Asia Tenggara, Ada Songket dan Gamelan

"Pengakuan oleh Unesco ini meningkatkan kesadaran untuk melestarikan warisan berbagai budaya di Malaysia. Ini juga akan memotivasi generasi muda untuk tertarik pada tenun songket," katanya dikutip Jumat, 16 Desember 2021.

Songket memang bukan satu-satunya kain tenun yang dimiliki Malaysia. Kain tersebut juga dapat ditemui atau ada di Brunei, Singapura bahkan Indonesia.

Disebutkan bahwa hingga saat ini Malaysia sudah memiliki enam warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x