BMKG Keluarkan Peringatan Dini! Beberapa Wilayah Ini WASPADA Cuaca Ekstrem dalam Sepekan ke Depan

- 18 Januari 2022, 07:05 WIB
Foto ilustrasi: BMKG
Foto ilustrasi: BMKG /raschenberger/pixabay

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keluarkan peringatan dini akan adanya potensi cuaca ekstrem di sebagian wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Melansir laman resmi BMKG, berdasarkan hasil identifikasi adanya potensi peningkatakan curah hujan dalam periode sepekan ke depan terhitung sejak 17-22 Januari 2022.

Kondisi tersebut dipicu oleh beberapa faktor salah satunya adanya seruakan massa udara dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia.

Baca Juga: RESMI! Lewandowski Jadi Pemain Terbaik FIFA 2021, Ronaldo Raih Penghargaan Khusus

"Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorolgi, Guswanto.

Faktor lainnya yaitu aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah.

Serta pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat degan adanya pengaruh labilitasi udara dalam skala lokal.

Baca Juga: Banjir Rob Berpotensi Tinggi di Pesisir Selatan Jabar Hingga DIY, Ini Penjelasan BMKG

Atas dasar hal tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Halaman:

Editor: Annisa Nur Fadillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x