Perang Rusia dan Ukraina Memanas! Ratusan WNI Akan Dievakuasi, Kemenlu Siapkan Langkah Darurat

- 27 Februari 2022, 07:42 WIB
Sebanyak 153 WNI di Ukraina segera dievakuasi oleh Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu Indonesia buntut invasi yang dilakukan Rusia.
Sebanyak 153 WNI di Ukraina segera dievakuasi oleh Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu Indonesia buntut invasi yang dilakukan Rusia. /Ilustrasi Reuters/ Reuters tv/

GALAMEDIA - Sebanyak 153 WNI di Ukraina segera dievakuasi oleh Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu Indonesia buntut invasi yang dilakukan Rusia.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha mengatakan ke-153 WNI tersebut akan dievakuasi dari Ukraina menuju Romania dan Polandia.

Judha beralasan pemilihan evakuasi WNI ke Polandia dan Romania karena dua negara itu yang paling dekat dari Ukraina.

Baca Juga: Bek Persib Henhen Herdiana Ribut dengan Valentino Telaubun: Itu Wajar Dalam Pertandingan

"Kita akan lakukan secepatnya kedua negara ini dipilih karena merupakan lokasi yang paling dekat," ungkapnya dikutip Galamedia dari PMJ News, Minggu 27 Februari 2022.

Judha menjelaskan, kondisi para WNI di Ukraina saat ini masih berada di safe house yang disiapkan KBRI.

"Kita siapkan pesawat dan tim evakuasi sebagai upaya antisipasi ketika para WNI kita bisa direlokasi. Bukan hanya di safe house, namun juga kita bawa keluar menuju Polandia atau Rumania," tuturnya.

Sejak invasi Rusia di Ukraina pada Kamis 24 Februari 2022 kemarin, Kemenlu sendiri lanjut Judha sudah mengevekuasi beberapa WNI yang berada di ibukota Kyiv dan Donetsk untuk dibawa ke KBRI Ukraina.

Baca Juga: PSI 'Kebakaran Jenggot' Anies dan Ridwan Kamil Makan Bubur Bareng di Bandung?

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x