Program Kartu Prakerja Berlanjut Hingga 7 Tahun ke Depan, Jokowi: Pasti Rakyat Akan Meminta

- 17 Juni 2022, 19:26 WIB
Presiden Jokowi / instagram @jokowi
Presiden Jokowi / instagram @jokowi /

 

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo mengatakan, usul keberlanjutan program Kartu Prakerja yang disampaikan oleh sejumlah penggunanya adalah bukti bahwa mereka merasakan betul manfaat program tersebut.

Saat menghadiri Temu Raya #KitaPrakerja di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 17 Juni 2022, dia memang sempat mengundang empat pengguna Kartu Prakerja dan dua di antaranya menyampaikan usulan agar program itu dilanjutkan bahkan setelah masa jabatan kedua dia berakhir 2024 nanti.

"Ya itu menunjukkan bahwa manfaat riil itu memang diterima oleh mereka, peserta kartu prakerja," kata Jokowi kepada wartawan seusai acara.

Ia juga mengingatkan kembali data temuan Badan Pusat Statistik (BPS) yang melaporkan bahwa 88,9 persen peserta Kartu Prakerja mendapatkan manfaat berupa keterampilan yang lebih baik atau keterampilan baru.

"Ini penting, data 88,9 persen adalah sebuah apresiasi yang sangat tinggi," ujarnya.

Baca Juga: LINK NONTON GRATIS Persib Bandung vs Persebaya di Piala Presiden 2022 Kick-off 20.30 WIB

Saat ditanya apakah ia bisa memastikan bahwa Kartu Prakerja dapat berlanjut hingga 5-7 tahun ke depan, Jokowi meyakini "asalkan program ini bermanfaat, pasti rakyat akan meminta."

Kartu Prakerja adalah salah satu program yang dijanjikan oleh Jokowi dalam kampanye Pemilihan Presiden 2019 dan resmi mulai bergulir sejak April 2020. Sejak itu, manfaat Kartu Prakerja telah diterima oleh 12,8 juta orang dalam angkatan kerja dan program tersebut kini akan memasuki gelombang ke-33.

Salah satu pengguna Kartu Prakerja yakni Prudencia dari Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, sempat diundang Jokowi naik ke panggung untuk menceritakan pengalamannya dengan program tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Dea itu belakangan mengusulkan agar program Kartu Prakerja tetap berlanjut meskipun Jokowi suatu saat sudah melengkapi masa jabatan keduanya.

"Usulnya maunya Prakerja jangan sampai di sini, maunya biar meskipun Bapak tidak jadi presiden lagi, lanjutkan terus sampai seumur hidup," kata Dea yang menjadi alumnus Kartu Prakerja gelombang ke-13 itu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x