Cegah Kebutaan Akibat Katarak, 188 Orang Ikuti Operasi Katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung

- 21 Juni 2022, 21:23 WIB
Operasi Katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung.
Operasi Katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung. /

GALAMEDIA - Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3 persen dan sebanyak 81 persen disebabkan oleh katarak.

Mencermati angka tersebut, tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.

Dalam mencegah gangguan penglihatan bagi masyarakat Indonesia, BCA bekerjasama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) mengadakan bakti sosial operasi katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dibuka oleh Kepala Pengembangan Bisnis cabang BCA Soekarno Hatta Praptomo Dwi Putro, Plt. Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung dr. Leony Widjaja Sp.KJ, Koordinator Operasional SPBK Perdami Dr. Faraby Martha, SpM(K), beserta pengurus Perdami pusat dan Perdami Jawa Barat di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Jalan Mohammad Toha, Kota Bandung, Minggu, 19 Juni 2022.

Operasi katarak ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada 18 Juni dan 19 Juni 2022.

Kepala BCA KCU Soekarno Hatta Linda Yulia Tanti mengatakan bahwa bakti sosial tersebut, dalam rangka membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal.

Baca Juga: SEDANG BERLANGSUNG, Ini Link Live Streaming Nonton Gratis Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Bakti sosial operasi katarak tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak 2001 pada hampir seluruh wilayah di Tanah Air.

"Kami terus berkomitmen hadir di sisi masyarakat dalam segala aspek, salah satunya di bidang kesehatan. Sejak tahun 2001, BCA ingin memberikan kontribusi pada penurunan jumlah kebutaan akibat penyakit katarak di Indonesia agar terus berkurang dari waktu ke waktu," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x