Netflix Kembali PHK Ratusan Karyawan, Ini yang Menjadi Penyebabnya!

- 24 Juni 2022, 13:52 WIB
 Netflix PHK Karyawannya./pixabay.com/Jade87
Netflix PHK Karyawannya./pixabay.com/Jade87 /

 

GALAMEDIA - Layanan streaming Netflix kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 300 karyawan akibat pendapatan yang berkurang di kuartal pertama tahun 2022.

Gelombang PHK ini menjadi yang kedua setelah pada bulan lalu Netflix memberhentikan sekitar 150 pekerja di Amerika Serikat.

Pada Februari 2022 lalu, Netflix menyebut bahwa perusahaan mengalami penurunan keuntungan karena kehilangan 200.000 pelanggan secara global.

Netflix bahkan memprediksikan jumlah ini akan terus turun hingga 2 juta pelanggan pada kuartal berikutnya.

Baca Juga: Pemda Provinsi Jabar Luncurkan Sayembara Desa Digital

Secara persentase pemotongan hubungan kerja ini dilakukan kepada 4 persen tenaga kerja yang ada, dan mayoritas berada di kantor Amerika. Melansir The Guardian, tindakan ini dilakukan untuk menyesuaikan biaya operasional perusahaan dengan keuntungan yang didapat. Apalagi, Netflix kini tengah gencar untuk mengembangkan bisnisnya.

Pihak perusahaan menyebut penurunan jumlah pelanggan terjadi karena beberapa faktor. Adapun penyebab-penyebab utama adalah meningkatnya kompetisi dengan layanan streaming lain, ekonomi yang tengah memburuk, perang di Ukraina, serta banyaknya pelanggan individu yang menggunakan satu akun Netflix untuk banyak orang.

"Kami mencoba untuk menjadi pintar tentang hal itu dan berhati-hati dalam hal menarik kembali sebagian dari pertumbuhan pengeluaran itu untuk mencerminkan realitas pertumbuhan pendapatan bisnis," jelas manager keuangan Netflix Spencer Neumann yang dilansir Galamedia dari Reuters.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x