Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Luka Parah Ditembak di Dada Saat Berpidato, Pelaku Veteran Militer

- 8 Juli 2022, 13:55 WIB
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Luka Parah Ditembak Veteran Militer di Dada dan Leher Saat Berpidato di Nara Jepang.//Olah foto kolase thumbnail Twitter DailyMail
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Luka Parah Ditembak Veteran Militer di Dada dan Leher Saat Berpidato di Nara Jepang.//Olah foto kolase thumbnail Twitter DailyMail /

 

GALAMEDIA - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat tengah berpidato dalam kampanye di Nara. Demikian dikatakan juru bicara pemerintah Jumat, 8 Juli 2022.

Dikutip dari DailyMail, laporan media lokal menyebut Shinzo Abe ditembak  seorang pria bersenjatakan senjata rakitan.

Shinzo Abe (67) mengalami cardiopulmonary atau kardiorespirasi usai ditembak. Artinya, menurut pemadam kebakaran setempat, mantan PM Jepang terlama itu tidak bernapas dan jantungnya berhenti saat diterbangkan ke rumah sakit.

Baca Juga: 13 Link Pengumuman PPDB Jabar 2022 Tahap 2 untuk SMA dan SMK

Shinzo Abe ditembak sekitar pukul 11.30 beberapa menit setelah mulai berpidato di luar Stasiun Kereta Api Yamatosaidaiji di Nara.

Stasiun televisi NHK menunjukkan adegan chaos pada hari Jumat ketika dua tembakan terdengar dan berikutnya Shinzo Abe pingsan di tepi jalan sementara sejumlah petugas keamanan berlari memburunya.

Saksi mata melaporkan terdengar suara tembakan dalam serangan ketika Shinnzo Abe berpidato jelang pemilihan majelis tinggi parlemen hari Minggu 10 Juli 2022.

Namun tiba-tiba Shinzo Abe terlihat  ambruk sambil memegangi dada dengan  baju berlumuran darah.

Baca Juga: Harga Redmi Note 11 HP 2 Jutaan Spesifikasi Maksimal

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan polisi menangani dan menangkap seorang tersangka pria di lokasi penembakan Shinzo Abe.

Tetsuya Yamagami, veteran militer berusia 41 tahun dari Kota Nara, ditangkap karena percobaan pembunuhan, kata polisi, menurut NHK.

Keterangan polisi, sebuah pistol yang disita dari tempat kejadian penembakan Shinzo Abe tampaknya buatan sendiri.

Baca Juga: Update Harga Samsung Galaxy A53 5G dan Spesifikasi Terlengkap

Insiden yang menimpa politisi terkenal seperti Shinzo Abe dinilai mengejutkan untuk Jepang yang dikenal dengan tingkat kejahatan kekerasan yang rendah dan undang-undang senjata yang ketat.

"Mantan Perdana Penteri Shinzo Abe ditembak sekitar pukul 11.30 di wilayah barat Nara,” kata kepala sekretaris kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan.

"Satu orang yang diyakini sebagai penembak telah ditahan. Kondisi mantan perdana menteri Shinzo Abe saat ini tidak diketahui.”

"Apa pun alasannya, tindakan barbar seperti itu tidak akan pernah bisa ditoleransi dan kami sangat mengutuknya," tambah Matsuno.

Baca Juga: Harga Infinix Smart 6 HD Paling Murah dan Spesifikasi Resmi

Terduga pelaku bersenjata yang ditangkap adalah mantan personel pasukan pertahanan diri Jepang dan tampaknya telah membuat senjata rakitan yang digunakan dalam penembakan, Radio 4 melaporkan.

Beberapa pejabat Kementerian Pertahanan mengonfirmasi bahwa Yamagami tercatat pernah bergabung dengan Pasukan Bela Diri Maritim selama tiga tahun hingga 2005.

Dilaporkan bahwa Shinzo Abe memiliki tim keamanan selama pidato pada hari Jumat, tetapi pelaku dapat mengeksusi aksi dengan senjata dari jarak dekat 'tanpa terperiksa.'

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x