Petani Terancam Gagal Panen, Bendungan Oesao NTT Jebol Akibat Hujan Deras

- 4 Februari 2023, 20:32 WIB
Ilustrasi hujan deras.
Ilustrasi hujan deras. /Pixabay

GALAMEDIANEWS – Bendungan Oesao di Desa Pukdale, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) jebol setelah diguyur oleh hujan yang sangat deras.

Hujan deras tersebut menyebabkan sayap bendungan Oesao patah sehingga air banjir meluap ke wilayah pemukiman pendudukan.

Elfrid V Saneh, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Kupang mengatakan bahwa penyebab sayap bendungan Oesao jebol dikarenakan jumlah air hujan yang masuk ke bendungan sangatlah tinggi.

“Tingginya volume air yang masuk ke bendungan Oesao akibat curah hujan yang lebat pada Sabtu (4 Februari 2023) mengakibatkan sayap bendungan Oesao jebol tergerus air banjir,” ungkap Elfrid di Kupang, Sabtu, 4 Februari 2023.

Dirinya mengatakan tim dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kupang maupun Balai Wilayah Sungai NTT serta BPBD Kabupaten Kupang sudah menuju lokasi melihat kondisi Bendungan Oesao yang sudah hancur akibat banjir.

Baca Juga: GEMPA di WONOSOBO Jateng Malam Ini, BMKG Sebut Kedalaman Dangkal 7 Km Kekuatan 2.6 Magnitudo

Menurutnya, kerusakan bendungan cukup serius karena tembok Bendungan runtuh dan tergerus air

Elfrid melanjutkan bahwa pintu air bendungan sudah lama tidak berfungsi

“Pintu air Bendungan Oesao sudah tidak berfungsi selama 10 tahun sehingga tidak bisa digunakan untuk membuka aliran air saat debit air meningkat karena kondisi pintu air masuk,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x