Sempat Dihentikan, KA Argo Lawu, Dwipangga dan Taksaka Kembali Dioperasikan di Libur Idul Adha

- 29 Juli 2020, 12:57 WIB
/



GALAMEDIA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, memanfaatkan momentum libur panjang akhir pekan di hari raya Idul Adha 2020 untuk mengoperasikan kembali KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, dan KA Taksaka, yang dihentikan selama pandemi Covid 19.

Namun KA Argo Lawu relasi Jakarta Gambir - Solo Balapan dan KA Taksaka jurusan Jakarta Gambir - Yogyakarta, hanya diberangkatkan dari Stasiun Gambir tanggal 30 Juli 2020, serta KA Argo Dwipangga jurusan Solo Balapan - Jakarta Gambir diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan tanggal 2 Agustus 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan, pengoperasian sementara ketiga KA kelas eksekutif tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap moda angkutan kereta api.

Baca Juga: Menari Jadi Adegan yang Sulit Bagi Ji Chang-wook pada drama Backstreet Rookie

Pengoperasian KA Argo Lawu, KA Taksaka, dan KA Argo Dwipangga yang saat ini masing-masing hanya pada tanggal 30 Juli 2020 dan 2 Agustus 2020, akan dievaluasi berdasarkan permintaan dan kebutuhan masyarakat yang menggunakan KA.

“Setelah sebelumnya KA andalan masyarakat Kota Solo dan Yogyakarta itu dihentikan operasinya karena ada pandemi Covid-19, pada tanggal 30 Juli 2020 KA Argo Lawu dijadwalkan pemberangkatannya pukul 21.00 WIB dari Stasiun Gambir dan pada tanggal 2 Agustus 2020 KA Argo Dwipangga dengan jadwal keberangkatan pukul 19.45 dari Stasiun Solo Balapan. Selain itu, KA Taksaka juga dioperasikan dengan jadwal keberangkatan pukul 21.30 dari Stasiun Gambir," katanya, Rabu, 29 Juli 2020.

Menurut Eko, KA Argo Lawu dan KA Taksaka, dioperasikan untuk melayani masyarakat dari Stasiun Gambir ke tujuan Yogyakarta dan Solo, dengan persinggahan Stasiun Klaten, Kutoarjo, Purwokerto dan Cirebon. Sedangkan KA Argo Dwipangga untuk melayani penumpang sebaliknya, yaitu dari daerah tersebut dengan tujuan Stasiun Gambir.

Baca Juga: Hong Kong di Ambang Gelombang Besar Wabah Corona, Warga Dilarang Berkumpul Lebih dari Dua Orang

Bagi penumpang yang menggunakan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga pada hari pengoperasian kembali tersebut, sambung Eko, PT KAI yang tengah melakukan program promo Big Sale memberikan diskon sebesar 25 persen seperti yang berlaku pada KA jarak jauh lainnya.

Promo Big Sale itu, katanya, sebagai apresiasi PT KAI kepada pelanggan di hari raya Idul Adha 1441 H.

"Potongan harga tiket KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga dari Rp440.000 menjadi Rp360.000. Selain KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga, KA jarak jauh lain yang fasilitas diskon adalah, KA Bima (Gambir - Malang) dari Rp650.000 menjadi Rp500.000 dan KA Turangga (Gambir - Surabaya Gubeng) dari Rp630.000 menjadi Rp500.000," jelasnya.

Baca Juga: Wulan Guritno Ngaku Lebih Keren Pakai Jersey Persib, Bobotoh Langsung Auto Follow

Eko mengingatkan, KAI tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak lebih 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas), serta himbauan agar penumpang mengenakan pakaian lengan panjang.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x