Bulan Ramadhan, Inilah Alasan Dibalik Penamaannya

- 17 Maret 2023, 13:10 WIB
Semua umat muslim tentu sangat senang dan bergembira dengan datangnya bulan ramadhan. Pasalya bulan ini merupakan bulan yang sangat dinantikan. Bulan ramdhan pun merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan sehingga apapun amal perbuatannya yang baik akan memiliki pahala yang berlipat ganda.
Semua umat muslim tentu sangat senang dan bergembira dengan datangnya bulan ramadhan. Pasalya bulan ini merupakan bulan yang sangat dinantikan. Bulan ramdhan pun merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan sehingga apapun amal perbuatannya yang baik akan memiliki pahala yang berlipat ganda. /Pixabay/ Mila Okta Safitri/

GALAMEDIANEWS- Semua umat muslim tentu sangat senang dan bergembira dengan datangnya bulan ramadhan. Pasalya bulan ini merupakan bulan yang sangat dinantikan. Bulan ramdhan pun merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan sehingga apapun amal perbuatannya yang baik akan memiliki pahala yang berlipat ganda.

Pada bulan yang suci ini, semua umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan lamanya dan memperbanyak ibadah lainnya.

Puasa ini bukan hanya menahan hal-hal yang mebatalkan puasa dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari saja, puasa pun belajar untuk menahan segala hawa nafsu, emosi yang tentunya bisa saja membatalkan pahala berpuasa.

Hal ini termaktub dalam ayat Al Quran surat Al Baqoroh ayat 183 yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqoroh: 183).

Selanjutnya, bulan ramadhan diyakini bulan yang sangat mulia. Karena pada bulan ini, dimana diturukannya Al Quran yang merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat manusia.

Maka dari itu, tidak heran jika setiap bulan ramadhan banyak sekali masjid, mushola atau majelis taklim yang melakukan kegiatan tadarus Al Quran dan ibadah lainnya. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan pahala.

Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah SWT yang artinya:

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x