Berlangsung Selama Dua Hari, Lebaran Betawi 2023 Akan Digelar di Monas Jakarta

- 19 Mei 2023, 15:16 WIB
Lebaran Betawi di Monas Jakarta
Lebaran Betawi di Monas Jakarta /Antara/

 

 

GALAMEDIANEWS - Lebaran Betawi 2023 akan digelar di Monumen Nasional (Monas) yang akan berlangsung selama dua hari, pada 20-21 Mei 2023. Perayaan tahunan warga Jakarta ini diselenggarakan oleh Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB).

Lebaran Betawi ini digelar setiap tahunnya di bulan Syawal atau setelah Lebaran Idul Fitri. Tujuannya sebagai ajang silaturahmi antar warga Jakarta. Tahun ini, Lebaran Betawi 2023 mengusung tema “Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju”.

"Di Lebaran Betawi inilah, bukan hanya orang Betawi, tapi sesama warga Jakarta dapat bertemu dan saling berinteraksi, termasuk dengan elemen-elemen Pemda DKI,” ungkap Ketua Panitia Lebaran Betawi, H Beky Mardani dikutip Galamedianews.com dari Antara pada Jumat, 19 Mei 2023.

Lebaran yang kental sekali akan nuansa Betawi ini menawarkan ragam atraksi khas Betawi. Terdapat beragam atraksi yang bisa ditemukan pada Lebaran Betawi 2023, antara lain "hantaran” atau “anteran" yang merupakan tradisi masyarakat Betawi ketika merayakan Lebaran. Tradisi ini digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya, atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua.

Baca Juga: Libur Lebaran 2023, Pergerakan Wisatawan ke Cirebon Raya Meningkat Pesat

Baca Juga: Kapan Ridwan Kamil Digantikan Pj Gubernur Jabar? Pemprov Beri Penjelasan

Sementara, atraksi lainnya di antaranya, bedug, penampilan seni tanjidor, samrah, dan gambang keromong. Tak ketinggalan, keroncong Betawi hingga penampilan grup Kerontjong Toegoe yang legendaris juga turut meramaikan Lebaran Betawi 2023 di Monas.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x