Kiprah Para Bidan dalam Upaya Pencegahan Stunting

- 2 Agustus 2023, 15:45 WIB
Ilustrasi anjuran ibu hamil untuk melakukan konsultasi rutin dengan bidan adalah upaya efektif untuk melahirkan bayi yang sehat dan bebas stunting./freepik/jcomp
Ilustrasi anjuran ibu hamil untuk melakukan konsultasi rutin dengan bidan adalah upaya efektif untuk melahirkan bayi yang sehat dan bebas stunting./freepik/jcomp /

GALAMEDIANEWS - Kelahiran bayi yang sehat serta terbebas stunting adalah idaman bagi setiap orang tua. Menjaga asupan nutrisi dengan pola hidup sehat selama kehamilan mereka langkah kunci yang harus dilakukan.

Namun, terkadang kesadaran para orang tua masih rendah dalam menjaga konsumsi gizi anak sejak di kandungan hingga usia lima tahun. Sehingga perlu adanya intervensi agar orang tua khusunya ibu benar-benar memahami dan mampu mencukupi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan anak yang optimal.

Bagi masyarakat Indonesia di daerah, peran bidan sangat dibutuhkan terutama untuk memberikan pendampingan bagi ibu hamil untuk memastikan kondisi janin yang dikandungnya sehat.

Baca Juga: NONTON Undead Girl Murder Farce Episode 5 Sub Indo RESMI Summer Selain dari Situs Otakudesu atau Anoboy

Kehadiran bidan sangat vital dalam pengawasan kesehatan ibu hamil. Dengan pendekatan langsung melalui edukasi persuasif, upaya ini efektif menjaga kesehatan bayi hingga proses kelahiran.

Jauh sebelumnya, bagi para calon pengantin, bidan akan memberikan pemahaman atas informasi seputar usia ideal untuk menikah dan hamil.

Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah sangatlah penting agar kasus kelahiran bayi stunting dapat ditekan.

Salah satu yang difokuskan dalam pendampingan bagi calon pengantin atau pasangan usia subur ini ialah pemenuhan asupan gizi yang seimbang untuk kesiapan proses kehamilan yang sehat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA Kominfo Jaktim IPeKB Gunungkidul


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah