Hati-hati Modus Penipuan Berkedok Surat Tilang Elektronik, Bisa Terjadi Pencurian Data Pribadi

- 14 September 2023, 09:54 WIB
Modus Penipuan Berkedok Surat Tilang Elektronik
Modus Penipuan Berkedok Surat Tilang Elektronik /Freepik @jcomp/

GALAMEDIANEWS – Marak kembali modus penipuan yang beredar di kalangan masyarakat. Modus penipuan kali ini berkedok dengan memberikan file surat tilang. Setelah sebelumnya beredar juga modus penipuan berkedok surat undangan pernikahan. Modus penipuan ini dikirimkan oleh oknum-oknum penipu melalui whatsapp pribadi.

 

Di dalam modus ini, penipu akan mengirimkan file surat tilang elektronik yang menyatakan seolah anda menjadi pelanggar yang terpantau di kamera tilang elektronik pada lokasi tertentu. Dalam file tersebut terdapat juga link yang harus di klik agar anda bisa melihat isi surat tilang tersebut.

Adapun narasi yang diedarkan oleh oknum penipu yang dikirimkan melalui whatsapp pada September 2023

“Kepada bapak/ibuk selaku pengendara. Kami telah mendeteksi bahwa Anda telah melakukan pelanggaran lalu lintas. maka sebab itu kami berikan sangsi berupa surat tilang. untuk plat nomor polisi yang terdaftar sudah kami lampirkan di dalam surat tilang dan juga bukti foto saat anda melakukan pelanggaran. silakan buka surat e-tilang yang kami berikan untuk konfirmasi. Dan kami tunggu itikad baik Anda selaku pengendara,"

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan Melalui Telegram, Jangan Kirim Foto Sembarangan

 

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: PRMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x