Apple iPhone 15 kini Beralih ke USB Type-C, Berikut Penjelasan dan Alasan Penggunaannya

- 16 September 2023, 08:33 WIB
Selamat Tinggal Lighning, Selamat Datang USB Type-C./freepik/@pvproductions
Selamat Tinggal Lighning, Selamat Datang USB Type-C./freepik/@pvproductions /

 

GALAMEDIANEWS – Apple meninggalkan colokan pengisian daya iPhone buatannya sendiri dan mengikuti jejak industri teknologi lainnya dengan mengadopsi standar koneksi yang lebih banyak digunakan. Sebagian besar alasannya adalah aturan pengisian daya umum Uni Eropa yang akan segera diberlakukan untuk 27 negara.

Selamat tinggal kabel Lightning. Halo, USB Type-C, mungkin itulah ungkapan yang tepat bagi para pengguna Apple iPhone diseluruh penjuru dunia saat ini. Lalu sebenarnya apa itu port USB Type-C?, dan apa yang spesial dari USB Type-C yang digunakan pada perangkat Aplle iPhone 15 ini?.

Berikut penjelasan tentang apa itu USB Type-C, apa kelebihan USB Type-C, dan kenapa sekarang Apple beralih menggunakan USB Type-C ketimbang Lightning.

Baca Juga: Link Live Streaming Semifinal Badminton Hong Kong Open 2023 Hari Ini, Perjuangan 6 Wakil Indonesia

Apa itu USB Type-C dan Perbedaannya dari Colokan yang Lain

Bagian awal dari akronim ini merupakan singkatan dari Universal Serial Bus, yang menggantikan versi sebelumnya dari kabel USB yang digunakan untuk berbagai perangkat, termasuk printer, hard drive, mouse komputer, dan pembaca Kindle.

Colokan USB-C hadir dalam bentuk yang berbeda dari pendahulunya - oval memanjang. Bentuknya juga simetris dan dapat dibalik, yang menghilangkan salah satu keluhan umum tentang versi sebelumnya seperti konektor USB-A yang berbentuk persegi panjang, karena tidak ada cara yang salah untuk mencolokkannya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: APNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x