Plt Wali Kota Cimahi Sebut Risiko Bencana Besar Kecilnya Tergantung Hal Ini

- 11 Desember 2023, 21:13 WIB
Apel  Gelar Pasukan Siaga Darurat Bencana Geo-Hidrometeorologi Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 bertempat di lapangan apel pemkot Cimahi, Senin 11 Desember 2023.
Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Bencana Geo-Hidrometeorologi Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 bertempat di lapangan apel pemkot Cimahi, Senin 11 Desember 2023. /

 

GALAMEDIANEWS - Untuk mengantisipasi bencana alam di tengah musim penghujan Pemkot Cimahi terus melakukan berbagai langkah.

Bahkan Pemkot Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi mengadakan Apel  Gelar Pasukan Siaga Darurat Bencana Geo-Hidrometeorologi Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 bertempat di lapangan apel pemkot Cimahi, Senin 11 Desember 2023.

Apel Gelar Pasukan  tersebut dipimpin langsung Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi. Tampak hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ciimahi Dikdik S. Nugrahawan dan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Cimahi Fithryandi Kurniawan.

Baca Juga: Satpol PP KBB Tunggu Koordinasi Bawaslu Soal APK Peserta Pemilu Langgar Aturan

Menurut Dicky, kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana dapat menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan ditimbulkan. Untuk itu semua pihak perlu melakukan kesiapsiagaan dengan diwujudkan dengan kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan bencana di semua tingkatan hal dikarenakan dalam penanganan darurat bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi.

Dicky menjelaskan, BPBD sendiri melalui Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kota Cimahi juga melakukan Kesiap siagaan seperti logistik, posko dan sebagainya.

"Itulah makna dari siaga darurat yang kita lakukan, siaga darurat ini memang sudah ada aturannya yang kita lakukan dalam masa pra bencana, khususnya dalam menghadapi masa-masa hidrometeorologi," katanya.

Baca Juga: Misoa Telur Asin yang Nikmat dan Menggoda Selera, Ini Resep dan Cara Membuatnya ala Rudy Choirudin

Terkait peralatan di Kota Cimahi, Dicky melihatnya sudah memadai, dari beberapa unsur misalkan water rescue kita sudah lengkap, vertical rescue, dapur umum, dan ada dari unsur-unsur lainnya seperti ambulan, unsur pemadam kebakaran, dan yang lainnya.

"Menurut saya kita sudah cukup, relatif cukup lengkap,” tandasnya.

Dikcy berharap, dengan adanya kegiatan gelar pasukan siaga darurat bencana  geo-hidrometeorologi kita semua pemerintah dan masyarakat dapat terus meningkatkan kewaspadaan dan  kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai fenomena alam di setiap wilayah yang ada di Kota Cimahi khususnya saat menghadapi musim penghujan di tahun 2023/2024 ini, dan lakukan  upaya-upaya mitigasi pengurangan risiko bencana secara menyeluruh, terukur dan terencana.

Baca Juga: Polresta Bandung Amankan 9 Remaja Pelaku Balap Liar

“Mari kita sama-sama peduli tentang kebencanaan ini, dan sama-sama melakukan pengurangan risiko bencana, mulai dari diri  pribadi, keluarga, lingkungan dan kota kita supaya kita terbebas dari dampak yang tidak kita inginkan,” pungkasnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah