SIMAK! Cara Pencairan BPNT 2024 Melalui KKS Bank Himbara dan Kantor Pos

- 23 Januari 2024, 10:43 WIB
Ilustrasi Bansos BPNT cair Januari 2024/Instagram @bank_indonesia / Kolase Putri Ari @Galamedianews  
Ilustrasi Bansos BPNT cair Januari 2024/Instagram @bank_indonesia / Kolase Putri Ari @Galamedianews   /

 

GALAMEDIANEWS – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahap 1 akan segera cair pada Januari 2024 ini. tahun ini pemerintah menetapkan dua metode pencairan. Yaitu melalui KKS Bank Himbara dan juga melalui PT Pos Indonesia.

Pemerintah berkomitmen untuk melanjutkan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) pada 2024 ini. salah satu bansos yang masih dilanjutkan penyalurannya adalah BPNT.      

Penyaluran dana BPNT ini akan dilakukan dengan dua metode, yaitu melalui PT Pos Indonesia dan melalui pemanfaatan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pada tahun 2024 ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan dana BPNT sebesar Rp2,4 juta yang akan dicairkan dalam beberapa tahap. Pada tahun sebelumnya, Bansos BPNT ini disalurkan dalam bentuk e-wallet.

Baca Juga: Ingin Terima Bansos? Simak Cara Daftar Lewat Aplikasi dengan Mudah Tanpa Ribet

Pada tahun 2024 ini, dikabarkan dana tersebut akan disalurkan melalui Pos Indonesia dan KKS Bank Himbara, sehingga KPM bisa mencairkannya secara langsung di Kantor Pos terdekat dan juga melalui ATM sekitar.

Cara Pencairan BPNT Melalui KKS Bank Himbara dan Kantor Pos

Sebelumnya perlu diketahui, untuk saat ini masih belum ada jadwal pencairan resmi dari pemerintah. Sehingga sebaiknya Penerima Manfaat menunggu jadwal resmi yang akan segera dirilis.

  1. Menyiapkan berkas-berkas yang harus dibawa saat pencairan (KTP, KK dan ATM KKS jika ingin mengambil pencairan BPNT melalui ATM).
  2. Mendatangi Bank Himbara dan atau Kantor Pos dengan membawa berkas di atas. Sebaiknya datang setelah mendapatkan informasi resmi perihal pencairan dari pihak desa atau pendamping sosial.
  3. Setelah menerima uang Bansos BPNT, peserta melakukan swafoto dengan memegang KKS, struk pengambilan dan uang yang telah ditarik sebagai bukti dana BPNT sudah dicairkan.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Bansos Beasiswa Perguruan Tinggi, Simak Cara Mendapatkannya

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x