Semakin Canggih! OpenAI Kini Keluarkan SORA, Ubah Teks Menjadi Video

- 17 Februari 2024, 20:32 WIB
Screenshoot OpenAI Sora Web.
Screenshoot OpenAI Sora Web. /X @OpenAI/

GALAMEDIANEWS – Saat ini AI tengah menjadi perbincangan para netizen, pasalnya kini AI telah meluncurkan model terbaru yang disebut dengan Sora. Melalui Sora ini kini pengguna memungkinkan untuk mengubah teks menjadi video yang berdurasi hingga 60 detik atau satu menit.

Melalui akun X nya, OpenAI telah memperkenalkan sistem terbarunya yakni Sora. Sora ini diambil dari bahasa Jepang yang berarti langit. Sora merupakan model AI yang dapat menciptakan adegan realistis dan imajinatif dari instruksi teks.

Dilansir dari OpenAI, Sora dapat menghasilkan adegan yang kompleks yaitu dengan membuat karakter, jenis dan gerakan tertentu. Selain itu Sora juga memiliki kemampuan bahasa yang dapat menfasirkan perintah dari pengguna secara akurat.

Namun model OpenAI Sora ini tentunya masih memiliki kekurangan, dimana pada penggambaran nya masih kurang kompleks. Seperti, hal nya contoh ketika seseorang menggigit kue, tetapi setelah itu kue tersebut mungkin tidak memiliki gigitan.

Baca Juga: Para pemimpin OpenAI Meminta Regulasi untuk Mencegah Kecelakaan AI yang Merusak Manusia

Selain itu OpenAI juga akan melibatkan para seniman, pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengidentifikasi kasus penggunaan positif teknologi Sora ini. Pasalnya OpenAI memprediksi bahwa semuan pengguna tidak menyeluruh memanfaatkan fitur teknologi ini untuk kepentingan yang positif, namun segelintir orang akan mungkin untuk menyalahgunakan teknologi terbarukan ini.

Menilik model GPT, Sora juga menggunakan arsitektur transformator yang sama sehingga dapat menghasilkan performa penskalaan yang unggul. Sora juga dapat menghasilkan video dari gambar diam yang ada, serta menganimasikan konten gambar dan mengambil video dengan memperluas atau mengisi bingkai yang hilang.(Nasywa Azzahra)***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: X @openAI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x