Purwakarta Maksimalkan Pemasaran UMKM selama Musim Mudik Lebaran

- 3 April 2024, 21:10 WIB
Kolase foto UMKM Kabupaten Purwakarta
Kolase foto UMKM Kabupaten Purwakarta / Galeri Menong Purwakarta/

GALAMEDIANEWS - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tengah gencar memperkuat upaya pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Galeri Menong, sebuah destinasi khas sebagai pusat oleh-oleh Purwakarta, menjelang musim mudik lebaran tahun ini.

Menurut Eka Sugriyana, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Purwakarta, saat ini terdapat dua Galeri Menong di Purwakarta yang telah berhasil melibatkan lebih dari 100 pelaku UMKM dari berbagai wilayah Purwakarta untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulannya.

Dia menyatakan bahwa jumlah pemudik yang besar menuju berbagai tujuan di Pulau Jawa merupakan peluang pasar yang signifikan yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM Purwakarta.

Baca Juga: MyRepublic Cabang Purwakarta Bersama Rumah BUMN Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Internet untuk UMKM

Menurut data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, diproyeksikan bahwa sekitar 71,7 persen dari total jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 193,6 juta jiwa, akan melakukan perjalanan mudik secara nasional. Dari jumlah tersebut, diperkirakan sebanyak 61,6 juta pemudik menuju Jawa Tengah, 37 juta pemudik menuju Jawa Timur, dan 32 juta pemudik menuju berbagai daerah di Jawa Barat. Sisanya tersebar ke berbagai destinasi lainnya.

Eka menegaskan bahwa jumlah pemudik yang besar tersebut merupakan peluang besar bagi produk-produk unggulan khas Purwakarta, sehingga para pelaku UMKM harus mampu mengambil manfaat dari peluang ini.

Sementara itu, Siti Halimah, Ketua Perkumpulan Usaha Kecil Menengah Agro Purwakarta, menyambut baik upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM selama musim mudik lebaran tahun ini. Dia menyatakan bahwa pelaku UMKM sangat mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk mengoptimalkan peran Galeri Menong 1 dan Galeri Menong 2 sebagai pusat promosi dan pemasaran produk-produk UMKM.

Halimah menekankan bahwa para pelaku UMKM harus mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat mengambil manfaat ekonomis dari kedatangan para pengunjung selama musim libur lebaran di Purwakarta.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x