Transaksi Digital Mudahkan Wisatawan saat Jelajahi 2 Objek Favorit di Ciwidey

- 14 April 2024, 10:17 WIB
Pintu Masuk Ranca Upas. Objek wisata Ranca Upas melayani pembayaran non-tunai dengan bantuan mesin EDC dari BRI.
Pintu Masuk Ranca Upas. Objek wisata Ranca Upas melayani pembayaran non-tunai dengan bantuan mesin EDC dari BRI. /M. Bayu Pratama/PRMN/

GALAMEDIA - Kumpulan mobil dan motor terlihat mengantre di pintu masuk pembayaran loket Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Namun antrean kendaraan di pintu masuk Ranca Upas dengan cepat terurai karena proses pembayarannya kini sudah bisa secara digital melalui mesin EDC BRI.

Suasana libur lebaran memang sudah mulai terasa di hari-hari terakhir Ramadan, terutama wisatawan luar Bandung yang ingin berlibur dan berkemah di Ranca Upas. Wisatawan yang hendak ke Ciwidey khususnya Ranca Upas pun kini jauh lebih mudah karena tidak lagi perlu menyiapkan uang cash untuk proses transaksinya. Transformasi digital yang baru-baru ini dilakukan Ranca Upas memudahkan  wisatawan dalam melakukan pembayaran secara online.

Tidak hanya pembayaran yang sudah bisa dilakukan secara online, wisatawan yang ingin berkemah di tengah suasana sejuk Gunung Puntang kini tidak perlu lagi repot mengambil dana cash sebelum ke Ranca Upas. Di sini sudah ada layanan mini ATM yang memungkinkan wisatawan mengambil uang cash di tengah hutan milik Perhutani tersebut.

"Makin mudah sekarang soalnya wisatawan sudah bisa bayar pakai kartu kredit atau debit," ucap Ranto, petugas Ranca Upas saat diwawancarai oleh tim Galamedia pada Minggu, 7 April 2024.

"Kami juga lebih mudah dalam mengelola pembukuan karena transaksi sekarang bisa secara digital," sambungnya.

Namun Ranto menambahkan bahwa saat ini masih belum tersedia pembayaran dengan  QRIS. "Sekarang baru bisa transaksi dengan debit atau kredit saja. Meski begitu, bantuan mesin EDC dari BRI sangat membantu kami dalam mengelola keuangan. Wisatawan pun juga lebih mudah," katanya. Saat ini selama musim liburan, tiket masuk ke Ranca Upas untuk sekadar berlibur adalah Rp28.000 dan untuk pemandian air panas di Onshen adalah Rp26.000.  Sedangkan bagi yang ingin berkemah maka tiket masuk terusannya adalah Rp45.000 per orang.

Kini di dalam Ranca Upas terdapat layanan mini ATM untuk para pengunjung objek wisata milik Perhutani ini.
Kini di dalam Ranca Upas terdapat layanan mini ATM untuk para pengunjung objek wisata milik Perhutani ini.

Sementara itu, Yusna Muthoah (53), wisatawan Ranca Upas asal Jakarta mengaku terbantu karena kemudahan transaksi dengan menggunakan kartu kredit.

"Sebelumnya pernah ke Ranca Upas, tapi belum bisa debit atau kredit. Jujur jadi lebih memudahkan. Apalagi sehari-hari saya lebih banyak bertransaksi dengan credit card atau mobile banking," ucap Yusna.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x