Salah Satu Identitas Nasional Berbasis Lokal Adalah Kebaya

- 8 Mei 2024, 15:29 WIB
Pakaian tradisional kebaya diusulkan menjadi warisan budaya Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) oleh Kemenko PMK/ANTARA/Sizuka/
Pakaian tradisional kebaya diusulkan menjadi warisan budaya Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) oleh Kemenko PMK/ANTARA/Sizuka/ /

GALAMEDIANEWS – Kebaya adalah sejenis pakaian bagian atas yang memiliki karakteristik terbuka di bagian depan dan dibuat secara tradisional dengan berbagai jenis kain, seperti brokat, katun, kasa, renda, atau voile.

Menurut Dosen Program Studi Jawa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Dwi Woro Retno Mastuti mengatakan kebaya bisa menjadi identitas budaya Indonesia berbasis kelokalan dengan sejarah panjang busana di Nusantara.

“Secara historis, kebaya di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang dari sejarah busana di Nusantara,” ujar Dwi.

Dirinya mengatakan, kebaya memiliki keunikan tersendiri karena sejarah panjangnya sebagai salah satu busana yang berkembang di Nusantara.

Baca Juga: Harapan Besar Alfeandra Dewangga bersama Timnas Indonesia U23 Jelang Laga Playoff Olimpiade 2024 Lawan Guinea

Sejarah kebaya juga bisa dikulik melalui sejarah kain panjang seperti batik Solo, Batik Yogyakarta, Batik Peranakan dan lainnya.

Dikutip dari laman Warisan Budaya Takbenda Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, kebaya diperkirakan dibawa oleh pendatang dari etnis China yang berdagang ke Indonesia, dan dipakai oleh perempuan Eropa untuk acara resmi.

Akulturasi budaya yang ada di Indonesia, kebaya bisa diterima di masyarakat dan menjadi kebanggaan masyarakat sebagai identitas nasional yang patut diperjuangkan.

“Kita perlu identitas budaya Indonesia berbasis kelokalan. Diperlukan saling berterima antara berbagai komponen dan lapisan masyarakat di Indonesia,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah