Sambut Idul Adha, Assyifa Peduli Gelar Pelatihan Sembelih Hewan Qurban

- 14 Mei 2024, 16:26 WIB
Pelatihan dauroh sembelih hewan qurban.***(Sumber foto; Candrika Nisrina Dzahabiyah Hamzah)
Pelatihan dauroh sembelih hewan qurban.***(Sumber foto; Candrika Nisrina Dzahabiyah Hamzah) /

GALAMEDIANEWS - Menyambut Idul Adha pada bulan Dzulhijjah 1445 H, Assyifa Peduli bersama Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kabupaten Subang, menyelenggarakan pelatihan Dauroh Sembelih Hewan Qurban, di area Camping Ground As-Syifa Jalancagak, Sabtu (11/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, mengenai proses penyembelihan hewan qurban yang sesuai dengan prinsip agama dan memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan pengetahuan secara menyeluruh dari para ahli.

"Dari hasil riset yang dilakukan oleh DPD Juleha Kabupaten Subang, di Subang ini baru ada 2 tempat sembelih hewan yang sesuai syariat. Sehingga, mendekati momentum Idul Adha ini Assyifa Peduli hadir untuk mengedukasi masyarakat agar dapat melaksanakan penyembelihan hewan qurban sesuat syariat, sesuai prinsip agama, kesejahteraan hewan, keselamatan, kebersihan, keterampilan, dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku," ungkap Koordinator Event dan Edukasi Assyifa Peduli, Dwi Tresna Fuzia, S.Pd.

Baca Juga: Inilah Vitamin Esensial Yang Diperlukan Wanita Berusia 40 Tahun ke Atas!

Dwi juga menjelaskan pada kegiatan ini 50 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus DKM masjid, pondok pesantren, sekolah, dan komunitas, hadir dan diberikan pembekalan mengenai Fikih Udhiyah (berqurban).

"Para peserta dibekali materi mengenai fikih berqurban, manajemen qurban, teknik handling hewan, pengenalan bilah sembelih, simpul tali temali, dan tadi ditutup dengan praktik penyembelihan domba secara langsung," jelasnya.

Dwi berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini dapat memotivasi para peserta agar memiliki lisensi sebagai juru sembelih halal sehingga bisa mengedukasi lebih banyak orang mengenai cara menyembelih halal dan memiliki tempat penyembelihan halal sesuai syariat di daerahnya.

Baca Juga: Jarang yang Tahu! Makanan Sehat Ini Bisa Meningkatkan Mood Anda

Sementara itu Ketua DPD Juleha Kab. Subang, Andi Subastian menyampaikan bahwa Juleha bersama Assyifa Peduli berkomitmen untuk melaksanakan pelatihan ini setiap tahun.

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah