Jelang Idul Adha 1445 Hijriah, Dispernakan KBB Periksa Ribuan Hewan Kurban di Lapak Penjualan  

- 11 Juni 2024, 20:40 WIB
Pedagang domba sedang memberi pakan domba yang dijual untuk kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.
Pedagang domba sedang memberi pakan domba yang dijual untuk kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah. /GALAMEDIANEWS/Deni Supriatna/

 

 

GALAMEDIANEWS - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah memeriksa ribuan hewan kurban yang tersebar di wilayahnya Bandung Barat, Jawa Barat, menjelang lebaran Idul Adha 1445 Hijriyah.

Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dispernakan KBB, Wiwin Apriyanti mengatakan, bahwa tim pemeriksa kesehatan hewan masih melakukan pemeriksaan terhadap lapak penjualan hewan kurban yang ada di 16 Kecamatan Bandung Barat.

"Pemeriksaan hewan ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan kurban yang dijual di lapak-lapak dalam keadaan sehat dan layak di konsumsi oleh masyarakat," kata Wiwin kepada wartawan, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga: Harga Hewan Kurban Idul Adha 2024 dan Cara Memilih Sapi-Kambing yang Sehat

Menurut Wiwin, sejauh ini tim pemeriksa kesehatan hewan telah memeriksa sebanyak 5.367 ekor hewan kurban yang terdiri dari, 3.610 ekor Sapi, 6 ekor Kerbau, 1.718 ekor Domba dan 33 ekor Kambing.

Hewan berkategori muda berjumlah 406 ekor yang terdiri dari, 122 ekor Sapi dan 284 ekor Domba. Sementara Hewan yang Sakit berjumlah, 28 ekor terdiri dari, 23 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing.

"Pemeriksaan dan pelebelan 'SEHAT' terhadap hewan kurban di KBB dilakukan dari tanggal 3 hingga 16 Juni 2024," ucapnya.

Dijelaskan Wiwin, sejauh ini hewan kurban yang dijual di lapak-lapak penjualan masih dalam kondisi sehat. Walau terdapat sejumlah hewan yang sakit, namun tidak signifikan.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah