Di Tengah Menguatnya Kurs Rupiah Terhadap Dolar AS, Harga Emas PT. Antam Juga Terpantau Ikut Naik!

- 13 Juni 2024, 14:17 WIB
Ilustrasi - Petugas menghitung mata uang Rupiah dan Dolar AS di Ayu Masagung Money Changer, Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/am.
Ilustrasi - Petugas menghitung mata uang Rupiah dan Dolar AS di Ayu Masagung Money Changer, Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/am. /

GALAMEDIANEWS - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS meningkat meski sikap Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed enggan memangkas suku bunga acuannya, pada sesi pembukaan perdagangan, Kamis (13/6). Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk. (PT. Antam Tbk.) juga terpantau naik sebesar Rp. 3.000 per gram, kini menjadi Rp. 1.341.000 per gram.

Pada awal perdagangan Kamis pagi, rupiah dibuka naik 15 poin atau 0,09 persen menjadi Rp. 16.280 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp. 16.295 per dolar AS.

"Sikap The Fed semalam terlihat enggan untuk memangkas suku bunga acuannya dan melihat tingkat inflasi AS masih belum menuju ke target 2 persen," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra, di Jakarta, Kamis (13/6).

Baca Juga: Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bandung: Legenda Si legit Serabi Mirasa

Menurutnya, proyeksi The Fed yang dirilis dinihari tadi juga memperlihatkan bahwa suku bunga acuan AS dipangkas hanya sebesar 25 basis poin di 2024 yang artinya hanya sekali.

"Ini lebih rendah dari perkiraan yang beredar di pasar yang dua kali di tahun ini. Sikap the Fed ini bisa mendorong penguatan dolar AS lagi terhadap nilai tukar lainnya," ujar Ariston.

Ia memproyeksikan rupiah bergerak di kisaran Rp16.250 per dolar AS sampai dengan Rp.16.350 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Ilustrasi - Petugas menunjukkan emas batangan di Pegadaian, Jakarta. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc/am.
Ilustrasi - Petugas menunjukkan emas batangan di Pegadaian, Jakarta. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc/am.

Baca Juga: Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bandung: Bolu Geol Rasanya Bikin Nampol!

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah