Catat! Inilah yang Perlu Dilakukan Pebisnis Pemula

- 24 Oktober 2020, 18:31 WIB
/

GALAMEDIA -  PT Pegadaian (Persero) menyelenggarakan Webinar menggandeng Perkumpulan Bumi Alumni, dengan Ketua Umum Dr. Ary Zulfikar SH MH, yang juga penggagas dan inisiator Alumni Unpad sekaligus penggiat kewirausahaan atau dikenal dengan UMKM Alumni Unpad.

Kali ini PT Pegadaian (Persero) mengajak Perkumpulan Bumi Alumni untuk berkolaborasi melakukan kegiatan webinar yang bertajuk “Strategi Branding Agar Bisnis Makin Bersaing dan Eksisting!” pada tanggal 22 Oktober 2020 lalu melalui virtual zoom.

Kolaborasi PT Pegadaian (Persero) dan UMKM Alumni Unpad, menghadirkan narasumber Elvi Rofiqotul Hidayah, SVP Marketing Division PT Pegadaian (Persero), Hariyanto Chung, Marketing Director PT Digital Kaliber Int., dan Faidano Malik, Founder Foto Produk Katalog. Dr. Dewi Tenty Septi Artiany hadir sebagai moderator acara webinar ini yang juga merupakan Ketua Bidang 6 Hubungan Antar Lembaga di Perkumpulan Bumi Alumni.

Dewi Tenty menyampaikan pengantar bahwa di masa pandemi saat ini masyarakat menjadi terbatas dalam perilaku konsumsinya di mana sebelumnya pola belanja masyarakat adalah dengan mendatangi pasar, namun sekarang lebih beralih berbelanja secara online.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Man United vs Chelsea Sabtu 24 Oktober Pukul 23.30 WIB

“Konsumen yang sebelumnya melihat hingga memeriksa secara langsung produk pilihannya di toko atau pasar, kini kebiasaan tersebut semakin beralih kepada belanja online. Maka menjadi penting bagi UMKM untuk memaksimalkan branding produknya sehingga lebih menarik minat para calon pembeli”, kata Dewi dalam siaran persnya, Sabtu 24 Oktober 2020.

Direktur Marketing PT Digital Kaliber Hariyanto Chung menyampaikan, langkah pertama yang harus dilakukan supaya bisnis bisa sukses adalah mencari dan menentukan pasar.
Pebisnis pemula perlu mencari tahu apa yang dicari dan dibutuhkan konsumen. Kemudian, pebisnis bisa menawarkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Hariyanto pun mewanti-wanti supaya pebisnis pemula tidak membeli produk lebih dahulu. Baginya, mengidentifikasi kebutuhan pasar adalah awalan yang paling penting dalam memulai bisnis.

“Untuk awalan yang harus dicari marketnya dulu, bukan produknya. Karena lebih mudah menjual ketika ketemu marketnya,” kata Hariyanto dalam Webinar yang digelar Komunitas Alumni UMKM UNPAD, Kamis (22/10/2020) malam.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x