Susu Kefir Dikenal Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Ini Manfaat Lain Susu Warisan Kuliner Nabi

- 16 Desember 2020, 14:27 WIB
Bibit Kefir.
Bibit Kefir. /Freepik

GALAMEDIA - Selain susu biasa, saat ini ada yang dikenal dengan susu kefir.
Susu kefir merupakan salah satu warisan kuliner turun temurun dari Nabi Muhammad, yang diterima dan dikembangkan oleh masyarakat Timur Tengah sejak 1.400 tahun silam.

Namun sekarang, penyebaran minuman kefir ini sudah bisa didapatkan di Indonesia. Dikutip galamedia dari berbagai sumber, susu kefir adalah minuman kental yang dibuat dengan cara fermentasi susu dan biji kefir, biasanya dibuat dari susu sapi atau kambing.

Sedangkan biji kefirnya dibuat dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida. Dari segi bentuk, susu kefir ini mirip dengan yoghurt yang bertekstur kental, dan rasa asamnya juga nyata di lidah.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Latih 462 Ribu Nakes dan Vaksinator untuk Disebar ke Daerah

Manfaat susu kefir
Minuman jenis probiotik ini kaya akan bakteri Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Selain itu terdapat nutrisi baik untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin K, asam folat, kalium, magnesium, fosfor.

Berikut ini merupakan manfaat susu kefir yang telah teruji secara ilmiah baik untuk kesehatan:

1. Membantu detoksifikasi racun
Bagi yang memiliki alergi terhadap kacang, minum susu kefir bisa meredakan gejala dari alergi kacang. Zat aflatoksin merupakan sebuah zat yang banyak dihasilkan oleh jamur dan kacang tanah.

Baca Juga: Jangan Remehkan Sakit Leher, Ini 8 Tips Mencegah Leher Kaku yang Disebabkan Salah Bantal

Aflaktosin ini punya dampak buruk bagi tubuh, seperti menyebabkan alergi atau mengurangi kekebalan tubuh. Sedangkan susu kefir mengandung asam laktat yang mampu melawan zat aflaktosin. Secara tidak langsung minuman kefir menjadi asupan detoksifikasi yang membantu Anda melawan alergi makanan tertentu.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X