Selain Mengantuk, 3 Penyakit Mengincar Para Pemudik Malah Bikin Hambat Perjalanan dan Kecelakaan

- 14 April 2024, 20:15 WIB
3 penyakit mengincar para pemudik
3 penyakit mengincar para pemudik /freepik/freepik/

GALAMEDIANEWS – 3 penyakit ini sangat mengincar para pemudik dan justru tak bisa membuat perjalanan tidak menjadi lancar. Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan mengenai bahaya yang mengancam ini.

Ketiga penyakit yang bisa mengincar pemudik yakni gangguan saluran pencernaan, kelelahan parah, dan darah tinggi. Terbukti sudah ada sekitar 15 pemudik yang masuk ke posko kesehatan.

"Tadi ada sekitar 15 pemudik yang masuk teregistrasi mendapatkan pelayanan kesehatan di posko kesehatan,” ucap Budi.

Baca Juga: Anemia Aplastik Adalah Penyakit Langka? Yuk Kenali Lebih Jauh

Tapi, ada sekitar 14 orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan hingga tuntas, sedangkan 1 orang lainnya yang mengalami gangguan pencernaan kemudian dibawa ke rumah sakit rujukan yang sudah disiagakan.

Kecelakaan juga menjadi salah satu indikator kesehatan yang harus diperhatikan saat arus mudik lebaran, disediakannya pos kesehatan di sejumlah titik, Pemerintah lantas berharap penanganan kecelakaan ini bisa lebih ditanggulangi secara lebih cepat sehingga menurunkan risiko kematian.

“Menyetirnya juga harus hati-hati. Jangan sampai ngantuk! Tekanan darah juga harus dalam kondisi baik,” kata Budi dikutip dari kemkes.go.id pada Minggu, 14 April 2024. 

Menkes Budi menghimbau para warga untuk tidak memaksakan perjalanan saat sedang sakit, yang dikhawatirkan bisa terjadi sesuatu di jalan dan sebaiknya beristirahat. Berhentilah sebentar di rest area sekitar 4 jam agar terhindar dari kecelakaan.

Posko kesehatan juga bisa melakukan cek tensi darah, gula, kolesterol seperti pada rest area KM 102 juga menyiapkan kesiagaan kegawatdaruratan.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah