Waspada Serangan Penyakit di Musim Pancaroba pada Momen Libur Lebaran

- 13 April 2024, 11:35 WIB
ILUSTRASI sakit di musim pancaroba./
ILUSTRASI sakit di musim pancaroba./ /Freepik/Seva Levytskyi

GALAMEDIANEWS - Masyarakat diingatkan untuk menjaga kesehatan dengan melakukan sejumlah persiapan dan pencegahan sebelum melakukan perjalanan baik liburan maupun untuk bisnis atau pekerjaan di musim pancaroba ini.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyatakan, kewaspadaan dini menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan oleh masyarakat.

Baca Juga: Wisatawan Berkunjun ke Bandung Diminta Ikut Menjaga Ketertiban dan Kebersihan Kota

"Perubahan cuaca yang drastis dari panas terik ke hujan atau sebaliknya dapat membahayakan kesehatan kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, ibu hamil atau orang yang kondisi tubuhnya kurang fit,” kata Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT, dikutip dari Antara.

Hal ini karena pada bulan April selain menjadi musim libur panjang karena perayaan Idul Fitri, tetapi juga di tengah musim pancaroba yang identik dengan perubahan cuaca yang drastis dapat menjadi ancaman bagi kesehatan.

PB IDI pun merekomendasikan beberapa praktik untuk menjaga kesehatan selama musim liburan di pancaroba kali ini, di antaranya melakukan vaksinasi flu setidaknya 1-2 minggu sebelum bepergian dalam kondisi tubuh sedang sehat dan tidak mengalami gejala flu apapun. Vaksinasi berguna untuk melindungi diri sendiri dan mengurangi kemungkinan menyebarkan virus ke orang lain.

Selain vaksinasi flu, Ketua Satgas COVID-19 PB IDI, Prof DR Dr Erlina Burhan, SpP(K) pun menyarankan untuk melakukan vaksinasi COVID-19 baik untuk awal maupun vaksinasi booster.

Baca Juga: Film Siksa Kubur Sudah Tayang di Bioskop, Ambisi Mencari Jasad Orang Paling Berdosa!

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi COVID-19 memiliki kemungkinan kecil untuk menularkan COVID-19 pada orang lain, sehingga aman bagi diri sendiri maupun orang lain dalam perjalanan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x