Waspada! Ini Gejala Baru Penyakit DBD, Berdeda Jauh dari Dulu

- 28 Maret 2024, 09:09 WIB
Ilustrasi nyamuk penyebab DBD./bandung.go.id/
Ilustrasi nyamuk penyebab DBD./bandung.go.id/ /

GALAMEDIANEWS - Mayoritas kasus demam berdarah dengue (DBD) yang belakangan terjadi di Kota Bandung muncul dengan gejala yang berbeda dengan DBD pada umumnya. Artinya, gejala DBD yang baru ini berbeda jauh dari dulu.

Itulah beberapa catatan dalam kasus DBD yang ditemui di Kota Bandung. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian menyebut, mayoritas kasus DBD yang belakangan terjadi di Kota Bandung muncul dengan gejala yang berbeda dengan DBD pada umumnya.

Baca Juga: Tembus Peringkat Nasional, 4 SMA terbaik di Kabupaten Ponorogo Menjadi Sekolah Referensi PPDB 2024

Seperti diketahui, gejala-gejala demam berdarah yang umum dan harus diwaspadai yaitu demam mendadak, sakit kepala, nyeri belakang bola mata, mual dan muntah, manifestasi perdarahan seperti mimisan atau gusi berdarah, kulit ruam kemerahan, dan nyeri otot, tulang, dan sendi. Selain itu, munculnya bintik kemerahan di kulit penderitanya.

Namun Anhar menyebut, mayoritas kasus DBD di Kota Bandung belakangan ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang biasa kita kenali.

"Gejalanya itu demam tidak kunjung sembuh. Dan tidak ada gejala bintik merah. Ini yang perlu diwaspadai," kata Anhar di Balai Kota, Selasa 26 Maret 2024.

Baca Juga: Menjadi Top Nasional, 6 SMA Terbaik di Kabupaten Cilacap Ini Bisa Dijadikan Referensi PPDB 2024 di Jawa Tengah

Ia khawatir, gejala DBD 'baru' ini menyerupai gejala flu biasa. Sehingga masyarakat akan menganggap gejala yang dialami tersebut merupakan penyakit flu biasa.

Meski begitu, Anhar menjelaskan ada perbedaan mendasar antara gejala flu biasa dan gejala DBD yang belakangan muncul.

"Jadi gejalanya demam. Dua-tiga hari naik, turun sedikit, naik lagi. Perbedaannya dengan flu, jika flu, itu saat diberi paracetamol, istirahat yang cukup dan makan yang banyak, itu akan kembali pulih. Nah, kalau DBD ini setelah dua-tiga hari, dia tidak membaik," bebernya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x