Kakanwil Kemenkumham Jabar Puji Hasil Kreatifitas Warga Binaan Lapas Sukamiskin di HBP Ke-60

- 27 April 2024, 12:04 WIB
Kakanwil Kemenkumham Jabar, Masjuno akui bangga dengan hasil kreatifitas warga binaan Lapas Sukamiskin yang ditampilkan di peringatan HBP ke-60 /Foto :Deni Supriatna -GalamediaNews
Kakanwil Kemenkumham Jabar, Masjuno akui bangga dengan hasil kreatifitas warga binaan Lapas Sukamiskin yang ditampilkan di peringatan HBP ke-60 /Foto :Deni Supriatna -GalamediaNews /

GALAMEDIANEWS - Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Barat (Jabar) melaksanakan upacara dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke-60 yang bertempat di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat. Sabtu, 27 April 2024.


Adapun peringatan HPB ke-60 juga dihadiri langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jabar Masjuno, Kakanwil DKI Jakarta, R, Andika Dwi Prasetya Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Robianto dan Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin, Wachid Wibowo serta diikuti oleh seluruh pimpinan Tinggi Pratama (PTP) serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kanwil Kemenkumham Jabar.


Dalam memperingati Bakti yang digelar setiap tanggal 27 April setiap tahunnya itu, kali ini pihak Kemenkumham Jabar mempertunjukkan hasil karya warga binaan lapas 1 Sukamiskin yaitu produksi sebuah kapal perahu jenis Skiff & Dinghy beserta perlengkapannya.


Kepala kantor Kemenkumham Jabar, Masjuno mengatakan alasanya mengadakan hari bakti pemasyarakatan di Lapas Sukamiskin Bandung itu dikarenakan hasil persetujuan berbagai pihak sesuai dari panitia penyelenggara.

Baca Juga: 16 Ribu Warga Binaan Termasuk Napi Korupsi di Jabar Dapat Remisi Idul Fitri, Ini Penjelasan Kemenkumham Jabar


"Karena wilayah kerja kemenkumham Jawa Barat itu banyak karena disini tema hari bakti kemasyarakatan, kita memilih salah satu unit pelaksana teknis lapas Sukamiskin karena hasil keputusan dan rekomendasi dari teman-teman panitia,"ujar Kakanwil Kemenkumham Jabar, Masjuno.


Selain memilih acara dilokasi ini di halaman Lapas Sukamiskin, Masjuno menyampaikan, pihaknya juga sekaligus mengenang adanya perubahan fundamental mendasar dalam mengubah tatanan hukum yang pertama kali di rubah di wilayah Lembang Bandung.


"Kalau kita kaitkan karena lembang menjadi tempat yang betul-betul mengenang bagi kami jajaran kemasyarakatan dimana pada tahun 1964 terjadi perubahan fundamental perlakuan kepada para pelanggar hukum, yang awalnya memakai sistem kepenjaraan dengan pembalasan dan kejeraan, beralih ke pemasyarakatan tongkatnya ada di Jawa Barat di lembang Bandung,"ucapnya.


Selanjutnya, Masjuno mengaku bangga dengan kehadiran kerjasama berbagai pihak warga binaan di lapas Sukamiskin bisa membuat berbagai perlengkapan perahu kapal.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x