Kalau Wanita Sudah Menikah, Haruskah Tetap Patuhi Perintah Orang Tua Atau Harus Tunduk Pada Suami?

- 16 April 2024, 16:09 WIB
orangtua atau suami yang harus di taati oleh wanita?
orangtua atau suami yang harus di taati oleh wanita? /freepik/@wirestock/

GALAMEDIANEWS – Wanita yang sudah menikah sebaiknya harus menaati perintah suami atau orangtua. Sebagai seorang anak tentunya harus patuh terhadap orangtua, tapi kalau sudah menjadi istri manakah yang harus didahulukan orangtua atau suami.

Ketika seseorang membangun rumah tangga, maka itu sudah dari pikiran yang matang dan telah mempetimbangkan untuk ke depannya, maka dari itu istri juga telah memiliki suami yang berperan sebagai pemimpin rumah tangga yang harus dihormati, seperti orangtuanya.

Dilansir dari YouTube Al-Bahjah TV pada Selasa, 16 April 2024. Dalam hadits Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat 'Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu, Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya, tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada Allah, sesungguhnya juga ketaatan itu dalam kebaikan.”

Dalam riwayat dari Anas bin Malik RA dikisahkan sebagian ahli hadits menyebut sanad lemah, ketika sahabat pergi untuk jihad dan meminta istrinya agar tidak keluar rumah sampai ia pulang dari berjihad.

Kemudian merasa memiliki beban moral kepada orangtua, lalu ia mengutus seseorang untuk menanyakan hal itu karena ayah dari istrinya sedang sakit, Rasulullah menjawab: “Taatilah suami kamu.”

Hingga sang ayah menemui ajal dan dimakamkan, ia juga belum berani berkunjung.

Baca Juga: Apakah Kalian Tau? Berikut Daftar 4 Wanita Terkaya di Indonesia

Untuk kedua kalinya ia menanyakan perkara hal ini kepada Rasulullah dan ia menjawab: “Taatilah suami kamu.” Dan Rasulullah juga mengutus utusan kepada istri orang itu agar memberitahukan kalau Allah telah mengampuni dosa ayahnya berkat ketaatannya kepada suami.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: YouTube Al - Bahjah TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah