Berkah Pandemi Covid-19, Ini Daftar Pesepak Bola Indonesia yang Tampil di Luar Negeri

- 6 Februari 2021, 20:13 WIB
Asnawi Mangkualam dan CEO PSM Munafri Arifuddin.
Asnawi Mangkualam dan CEO PSM Munafri Arifuddin. /Instagram/ Asnawi Mangkualam/


GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 yang menyebabkan ketiadaan kompetisi di Tanah Air sejak pertengahan Maret 2020, ternyata menghadirkan berkah bagi sejumlah pemain sepak bola Indonesia berjiwa petualang, senang menerima tantangan dan pandai memanfaatkan peluang.

Mereka berduyun-duyun mereka meninggalkan Tanah Air untuk bermain di klub luar negeri.

Yang teranyar, pemain PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar bergabung dengan klub Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners. Dalam hal ini, Asnawi menjadi contoh pemain yang tidak mau menyia-nyiakan kesempatan.

Baca Juga: Kabar Baik, Mulai 10 Febuari 2021 KRL Yogyakarta Solo Akan Beroperasi

"Yang saya pikirkan itu bukan harga, tetapi kesempatannya. Saya sudah lama menantikan momen bermain di luar negeri," ujar Asnawi dalam pertemuan virtual oleh PSSI Pers yang diikuti di Jakarta, Sabtu, 6 Februari 2021.

Asnawi mengikuti jejak para pemain Indonesia yang terbang ke luar negeri untuk berkompetisi seperti Todd Rivaldo Ferre (Persipura) yang bergabung dengan klub kasta kedua Thailand, Lampang FC dengan status pinjaman.

Kemudian ada juga Bagus Kahfi. Pemain jebolan Garuda Select itu mampu menembus Liga Belanda bersama FC Utrecht meski bekas pemain Barito Putera itu hanya akan tampil di klub junior.

Baca Juga: Trending Twitter 'Selamatkan Dokter Richard' Hingga Ajukan Petisi, Netizen Beri Dukungan pada Dokter Richard

Pemain lain yang menyeberang lautan adalah Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim yang kemudian dipinjamkan ke klub Australia, Newcaslte Jets), Brylian Aldama (HNK Rijeka/Kroasia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), Dallen Doke (trial bersama Cheongju FC/Korea Selatan), dan Abanda Rahman (Lalenok United/Timor Leste) dan Ferdinand Sinaga Boavista FC Timor Leste).

Selain nama-nama di atas, sejumlah pemain sempat dikabarkan dibidik klub luar negeri yakni Saddil Ramdani (Sabah FA), dan Beckham Putra Nugraha (FK Sutjeska Niskic/Montenegro).***

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x