Istilah transfer dalam sepak bola, dari Transfer Window hingga Undisclosed Fee

- 8 Maret 2021, 09:46 WIB
Transfer
Transfer /Pixabay/

GALAMEDIA - Transfer pemain dalam dunia sepak bola memang sudah biasa. Bagi liga-liga top, biasanya membuka transfer pemain mulai bulan Juni.

Dalam transfer pemain, banyak sekali ragam istilah yang digunakan dan kadang tak sedikit yang kebingungan tentang istilah tersebut. Yuk intip ragam istilah berikut maknanya dalam bursa transfer sepak bola yang galamedia rangkum dari berbagai sumber

1. Transfer Window
Transfer Window adalah waktu dimana klub sepak bola mendatangkan pemain  dari klub sepak bola lain.  Transfer window atau jendela transfer ini ada dua bagian, summer transfer  window dan winter transfer window. Di Eropa, transfer window biasanya berlangsung dari Januari-Februari dan Juli-September.

Baca Juga: 8 Maret 2020, Persib Permalukan Arema FC Berkat Penalti Wander Luiz

2. Free Transfer
Pemain yang didatangkan secara gratis disebut free transfer. Jika pemain dalam kondisi sedang tidak memiliki kontrak disebut free agent.

3. Loan
Peminjaman pemain untuk bermain di klub lain yang disepakati antar klub disebut Loan. Peminjaman tersebut biasanya dilakukan pada pemain yang jarang dapat kesempatan bermain dalam klub tersebut.

4. Undisclosed Fee
Perpindahan pemajn yang biasanya diumumkan nilai transfernya tetapi ternyata tak diumumkan nilainya disebut Undisclosed fee. Tipe transfer ibi biasanya dilakukan untuk menghindari pemberitaaan.

Baca Juga: Abdullah Rasyid Sindir Jokowi: Hukum Masih Tumpul ke Atas, Bebaskan Ulama dan Aktivis!

Nah itulah beberapa istilah yang kerap ditemui dalam transfer pemain dalam sepak bola***

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x